Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Kosakata Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Rawu

Authors

  • Sitti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Patra Aghtiar Rakhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Astri Oktaria Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24016

Keywords:

Bahasa Indonesia, Faktor Rendahnya, Papan Kosakata, Penguasaan Kosakata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan kosakata siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN RAWU. Masalah ini muncul berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, bahwa terdapat siswa yang kurang mengerti dalam mengartikan suatu kata dalam teks bacaan, sehingga siswa kurang menguasai kosakata bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN RAWU, sebanyak 44 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancra dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan studi literatur yang melibatkan pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, dan pengolahan bahan penelitian. Faktor penyebab rendahnya penguasaan kosakata diantaranya yaitu penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada siswa karena siswa kurang aktif dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi pada kehidupan sehari-hari, kurangnya minat mereka dalam membaca dan faktor internal (dalam diri anak) dan faktor eksternal (luar diri anak). Adapun media yang digunakan dalam mengatasi rendahnya penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran yaitu papan kosakata.

References

Agustina, D., Setiawati, A., Wedari, F. T., Handayani, L., & Mahdalena, M. (2021). Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Sistem Pendidikan di SDN 03 Gunung Tuleh, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 681-685.

Filahanasari, E., Sari, L. N., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata Di Kelas III SDN 308 RANTAU SULI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2525-2529.

Fitriana, E. (2020). Peran Orangtua dalam memotivasi belajar anak di dusun VI tanjung mulya kampung tanjung ratu ilir kecamatan way pengubuan lampung tengah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 CIBURUY. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10-19.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Media Vocabulary Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Plamboyan Edu, 1(2), 208-219.

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253-263.

Muhatin, E. D. (2022). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Ningtias, K. W., Rohayati, N., & Agustini, R. (2023). Pemakaian Kosakata Dasar Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada PAUD Sekar Mawar Kota Banjar). Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 75-81.

Rachmawati, I. Analisis Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDI Al-Ikhlas Jakarta (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614-3624.

Serani, G., & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi, 5(1), 71-80.

Sulastri, D., Intiana, S. R. H., & Erfan, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosakata (PAKOTA) pada Kemampuan Membaca Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 125-130.

Swihadayani, N. (2023). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Sosial dan Teknologi, 3(6), 488-493.

Published

2023-12-24