Pemanfaatan Video Youtube dalam Pengembangan Kompetensi Perilaku Emosi Anak

Authors

  • Dian Miranda

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24036

Keywords:

Video yotube, kompetensi emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemanfaatan video di yotube sebagai media pengembangan kompetensi perilaku emosi anak. Metode yang gunakan ialah studi literatur, hasil yang diperoleh ialah video di youtube yang ditonton anak dapat menjadi media yang sangat efektif dalam pengembangan kompetensi anak. Dengan menonton video anak mengalami proses atensi, recalling, dan reproduksi motoric terkait dengan kompetensi emosi yang mereka amati dari model di video yang mereka tonton. kemudian perilaku yang ditiru akan dikembangkan jika anak mendapatkan nilai atau tujuan yang diharapkan sebagai motivasi untuk melakukan perilaku yang ditiru, sebaliknya perilaku emosi yang ditiru akan diabaikan atau ditinggalkan jika anak tidak mendapatkan nilai atau apa yang diharapkan dari pemunculan perilaku tersebut

References

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Alifya Shafira, S., Sumardi, S., & Sianturi, R. (2022). Analisis Tahap Belajar Melalui Teknik Modeling Terhadap Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 47–54. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2050

Ardani, T. A. (2008). Psikiatri Islam. UIN-Malang Press.

Bhinnety, M. (2008). Struktur Dan Proses Memori Buletin Psikologi. Buletin Psikologi, 16(2).

Dennis, T. (2006). Emotional self-regulation in preschoolers: The interplay of child approach reactivity, parenting, and control capacities. Developmental Psychology, 42(1). https://doi.org/10.1037/0012-1649.42.1.84

Desmarais, E., Brown, K., Campbell, K., French, B. F., Putnam, S. P., Casalin, S., Linhares, M. B. M., Lecannelier, F., Wang, Z., Raikkonen, K., Heinonen, K., Tuovinen, S., Montirosso, R., Provenzi, L., Park, S. Y., Han, S. Y., Lee, E. G., Huitron, B., de Weerth, C., … Gartstein, M. A. (2021). Links between television exposure and toddler dysregulation: Does culture matter? Infant Behavior and Development, 63. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2021.101557

Erlita, T., & Abidin, Z. (2021). Kompetensi Emosi (Ekspresi dan Pemahaman Emosi) pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Studia Insania, 8(2), 140. https://doi.org/10.18592/jsi.v8i2.3951

Fasikhah, S. S., Siregar, J. R., & Setiono, K. (2016). Kompetensi Emosi Anak Usia Awal Sekolah di Malang-Indonesia. Seminar Asean 2nd Psychology & Humanity, 2005, 412–419.

Irwan, N. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN | Nahar | NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. In Nusantara (Vol. 1).

Karisma, W. T., Dwi, P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).

Laborda, J. G., & Deeson, E. (2015). Instructional technology in early childhood. British Journal of Educational Technology, 46(3), E10–E11. http://proxy.ub.umu.se/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=aph&AN=102854980&site=ehost-live&scope=site

Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Morris, A. S., Silk, J. S., Steinberg, L., Myers, S. S., & Robinson, L. R. (2007). The role of the family context in the development of emotion regulation. Social Development, 16(2). https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2007.00389.x

Mortazavizadeh, Z., Göllner, L., & Forstmeier, S. (2022). Emotional competence, attachment, and parenting styles in children and parents. Psicologia: Reflexao e Critica, 35(1). https://doi.org/10.1186/s41155-022-00208-0

Nurdin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.75

Nurjannah, N. (2017). MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1). https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Purandina, I. P. Y., & Wedananta, K. A. (2021). Spirit of Balinese Local Heroes Transformed into Puppets Show on YouTube as ELT Media for Building Students’ Character. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.33001

Purnamasari, D. A. ebrianti, & Wisudaningsih, E. T. (2020). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di Desa Semampir, Kraksaan, Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2), 277–287.

Rokan, S. Z., & Rambe, A. S. (2021). Pengaruh Variasi Jenis Stimulus Informasi Pada Memori Jangka Pendek. JIMKI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 9(2), 14–19. https://doi.org/10.53366/jimki.v9i2.451

Saputra, I., & Masykouri, A. (2011). Membangun sosial emosi anak di usia 2-4 tahun. Buku Seri Bacaan Orang Tua.

Schleihauf, H., Hoehl, S., Tsvetkova, N., König, A., Mombaur, K., & Pauen, S. (2021). Preschoolers’ Motivation to Over-Imitate Humans and Robots. Child Development, 92(1), 222–238. https://doi.org/10.1111/cdev.13403

Shahida, H., Tee, C. C., Rosadah, A. M., Zalizan, M. J., & Hamizatun Akmal, M. Y. (2013). Perkembangan Kecerdasan Emosi Kanak-kanak Prasekolah Bermasalah Pendengaran : Implikasinya Terhadap Penglibatan Ibu Bapa The Emotional Intelligence Development of Pre-Schoolers with Hearing Difficulties : Implications on Parental Involvement. Akademika, 82(2).

Su-May Sheih, C. (2021). A qualitative study on the emotional healing efficacy of movies: The case of undergraduates dealing with uncertainty in career development. Journal of Library and Information Studies, 19(1). https://doi.org/10.6182/jlis.202106_19(1).067

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200.

Tarsono, T. (2018). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.15575/psy.v3i1.2174

Tri Harinie, L. (2017). Study of the Bandura’s Social Cognitive Learning Theory for the Entrepreneurship Learning Process. Social Sciences, 6(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ss.20170601.11

Tsamara Dhida, T. (2021). Early Childhood Education and Development Journal THE EFFECT OF ANIMATION VIDEO LEARNING MEDIA ON SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT OF EARLY CHILDREN: A LITERATURE REVIEW. Early Childhood Education and Development Journal, 3(2684–7442).

Wang, R. (2021). Application of Bandura’s Social Learning Theory in the Moral Education of Secondary Vocational College Students. Journal of Contemporary Educational Research, 5(8), 161–167. https://doi.org/10.26689/jcer.v5i8.2455

Yanti, M. (2017). Keefektifan Mnemonik Untuk Meningkatkan Memori Jangka Panjang. Psikologi, 7(2).

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Yusuf, R. (2020). Teaching EFL Students Using Selected Media: Offline Video Taken From YouTube. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 2(1). https://doi.org/10.31849/utamax.v2i1.2909

Published

2023-12-17