Analisis Implikasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran PKn
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24310Keywords:
Berpikir kritis, pembelajaran berdiferensiasi, PKnAbstract
Perbedaan karakteristik setiap peserta didik saat proses pembelajaran menjadikan pendidik harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang tepat guna mengaktifkan kemampuan yang dimiliki peserta didik, terutama pada mata pelajaran PKn yang menginginkan agar tercetaknya individu sebagai warga negara yang mampu berpikir kritis dikehidupannya. Kemampuan berpikir kritis ini dapat di stimulus dan dicapai ketika adanya pemahaman bahwa dalam proses kegiatan pembelajaran itu peserta didik memiliki cara yang berbeda-beda, maka dari itulah pembelajaran berdiferensiasi ini baik diterapkan supaya peserta didik menggunakan kemampuan berpikir kritisnya secara optimal saat belajar PKn. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur yang berasal dari berbagai sumber misalnya buku, jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat dibutuhkan penggunaan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi guna mengoptimalkan penggunaan kemampuan berpikir kritis peserta didik saat belajar PKn, dengan penekanan intens pada perbedaan cara belajar setiap peserta didik yang dilakukan dengan fokus perhatian pendidik pada perencanaan pada bagian konten, proses, dan produk.
References
Aisyah. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Balkist, P. S., Dasari, D., & Fitriasari, P. (2023). ANALISIS PENGALAMAN PENGEMBANGAN DIRI GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI DAN MENDORONG BERPIKIR KRITIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1297. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829
Chrestella, D., Haka, N. B., & Supriyadi, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Regulation Peserta Didik melalui Pembelajaran Menggunakan Model Multipel Representasi. Bio Educatio, 6(1), 27–43. https://www.neliti.com/publications/377794/analisis-kemampuan-berpikir-kritis-dan-self-regulation-peserta-didik-melalui-pem
Desyandri & Avandra, Ricky. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikit Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 8(2). https://journal.stkipsubang.ac.id/.index.php/didaktik/article/view..618/506
Dirjo, Ilzamudin, Hidayat, W., Lugowi, R. A., & Wasehudin. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAS Bina Putera-Kopo. 7(1), 21–36. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/fikrah/article/view/1924/pdf
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Faradisa, A. P., Utami, R. E., & Aini, A. N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe HOTS Ditinjau dari Pemecahan Masalah. 07(02), 27–45.
Husnawati, Netti. (2022). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran PAI di SMA N 4 Wajo. Journal Educandum (EC), 8 (2).
Labetubun, M. A. H., Titahelu, J. A. S., Mardiana, M., Ramadhan, M. S., Holle, E. S., Simbolon, N. Y., Primawati, N. H., Rahman, A., Pidada, I. B. A., Herniwati, H., Jahri, M., & Mahardhani, A. J. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan "sebagai Pembangunan Karakter Bangsa (A. Masruroh (ed.)). CV. Widina Bhakti Persada Bandung.
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141.
Muhammad Syaifuddin Zuhri, & Nasir, M. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 328–334. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2384
Novianti, W. (2020). Urgensi berpikir kritis pada remaja di era 4.0. 1(1), 38–52.
Novriadi, F., Desyandri, & Erita, Y. (2023). View of Studi Literatur : Tinjauan Filsafat Perspektif Islam Terhadap Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1746 1749. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11202/8621
Orlando, G. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Daring Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Pada Masa Covid-19 di Stita Labuhanbatu. TARBIYAH BIL QALAM Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, IV(1), 50–58. https://ejurnal.stita.ac.id/index.php/stit/article/download/30/24
Pater, I. M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Sikap Demokratis Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( GI ). Thinking Skills and Creativity, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/18377/10857
Pane, R.N., Lumbantoruan, S., & Simanjuntak, S. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 173-180
Purwati, E., Samiu, T., & Ika, T. (2022). Implementasi Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Masa Pemulihan Pembelajaran Di Smks Pembangunan Ternate (Penelitian Tindakan Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan Mata Pelajaran PKn Ma. 13(2).
Raharja, R. M., Legiani, W. H., Fitrayadi, D. S., & Lestari, R. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa Fkip Untirta. Untirta Civic Education Journal, 2(2), 199–213. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2812
Ramadhan et al., (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran PPKn dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta. Jurnal Ideas, 9(2), 419. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1278/535
Rodi, Sesmiarni, Z., & Ismail, F. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Komunitas Praktisi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 463–469.
Saleh, N. A., Haslinda, & Ulviani, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Literasi Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMAN 1 Pangkep. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 1(2), 147–166.
Septiana, T. ., & M. Ragil, K. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PKn Di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/2017. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 94–105. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/74/53.
Setyawana, R. D., Hijrana, M., & Rozi. (2023). Implementasi Digital citizenshipuntuk Kalangan Gen Z Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2).
Sitorus, P., Sitinjak, E. K., Lafau, B., Studi, P., Fisika, P., & Medan, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Problem-Based Learning Terhadap Hasil. 13(2), 179–189.
Subhan. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Di Smpn 3 Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 7(1), 48–54.
Susanti, et al., (2023). Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan Proses pada Perencanaan Pembelajaran PPKn. Educatio:Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(1). 132. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/14796/pdf
Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Wicaksana, F. M., Susilo, H., & Tenzer, A. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Dengan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan. Researchgate.Net, September, ISBN : 978I6024701703. https://www.researchgate.net/publication/325809615
Zaswita, H., Akmal, Ismail, & Suhertina. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. 2(1), 46–56.
Zerai, D., Eskelä-Haapanen, S., Posti-Ahokas, H., & Vehkakoski, T. (2023). The meanings of differentiated instruction in the narratives of Eritrean teachers. Pedagogy, Culture and Society, 31(3), 419–437. https://doi.org/10.1080/14681366.2021.1914712