Peningkatan Kebhinekaan Global Siswa Melalui Pembelajaran P5, Tema Kearifan Lokal, Menelusuri Warisan Masa Lampau

Authors

  • Teguh Firmansyah Program studi magister pendidikan teknologi pendidikan, FKIP Untan https://orcid.org/0009-0004-0832-6192
  • Eko Andriono Program studi magister pendidikan teknologi pendidikan, FKIP Untan
  • Aunurrahman Aunurrahman Program studi magister pendidikan teknologi pendidikan, FKIP Untan
  • Halida Halida Program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Untan

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24349

Keywords:

Pembelajaran projek, profil pelajar Pancasila, kearifan lokal, kebhinekaan global

Abstract

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan salah satu kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan. Kebhinekaan global juga menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda Indonesia untuk tetap menjaga toleransi dan inklusi. Pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tema kearifan lokal, menelusuri warisan masa lampau dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kebhinekaan dan globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tema kearifan lokal, menelusuri warisan masa lampau terhadap kebhinekaan global siswa di SMK Negeri 7 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak yang berjumlah 411 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila pada tema kearifan lokal, menelusuri warisan masa lampau memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebhinekaan global siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran projek menunjukkan peningkatan pemahaman tentang kebhinekaan dan globalisasi

Author Biography

Teguh Firmansyah, Program studi magister pendidikan teknologi pendidikan, FKIP Untan

SMK Negeri 7 Pontianak

References

Aditia, D., Ariatama, S., Mardiana, E., & Sumargono. (2021). Pancala APP (Pancasila’s Character Profile): Sebagai Inovasi Mendukung Merdeka Belajar Selama Masa Pandemik. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(02), 91–108.

Astuti, Windi., Muhammad Taufiq, Taofik Muhammad. 2021. Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efektifitas Pemberian Video Tutorial Dan Ppt Untuk Mengukur Nilai Teori. Jurnal Produktif. ISSN: 2548-8082/ E-ISSN 2615-6350. Vol 5 No. 1 Edisi 2021.

Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran Dan Penjualan Berbasis Web. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 2(2), 81–88.

Insani, F. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8, 43-64. doi: https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132

Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.

Lathif, Muhammad., Nadi Suprapto. 2023. Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran. Volume 1 (2), 2023, Page 271-279. doi: https://doi.org/10.54832/jupe2.v1i2.169

Mulyasa. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu IdeSantika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. Htt. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690

Saputra, P. A., & Nugroho, A. (2017). Perancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(1), 63–71. doi: https://doi.org/10.12962/j24068535.v15i1.a636

Satri, Rizky., dkk. 2022. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Simarmata, Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., & Salim, N. A. (2022). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Sulistyaningrum, Tri., Moh. Fathurrahman. 2023. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, JPK 9(2), 2023: 121-128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Suzetasari, Melisa., Dian Hidayati & Retno Himma Zakiyah. 2023. Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu. Volume 7 Nomor 5 Tahun 2023 Halaman 2968 - 2976. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6106

Published

2023-12-17

How to Cite

Firmansyah, T., Andriono, E., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2023). Peningkatan Kebhinekaan Global Siswa Melalui Pembelajaran P5, Tema Kearifan Lokal, Menelusuri Warisan Masa Lampau. Educatio, 18(2), 256–262. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24349