Persepsi Mahasiswa terhadap Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Kuliah English for Survival
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24472Keywords:
Blended learning, English for survival, Qualitative, Students’ perceptionAbstract
Kebijakan kampus yang mengarah pada peralihan pembelajaran daring ke blended learning menimbulkan polemik tersendiri bagi mahasiswa. Tujuannya untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan blended learning pada semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Syekh-Yusuf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner melalui Google Form dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah triangulasi sumber dan disajikan dalam analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learning pada mata pelajaran English for Survival mendapat respon positif dari siswa terutama dalam efisiensi waktu dan fleksibilitas. Kemudahan mengakses materi dan informasi seputar perkuliahan menjadi poin positif yang sangat berpengaruh. Respon negatif terhadap blended learning menyebabkan terbatasnya interaksi antara mahasiswa dan dosen terutama pada saat kelas online sedang berlangsung yang disebabkan oleh banyak faktor seperti sinyal atau gangguan dari pihak luar.
References
Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791
Anthony, B., Kamaludin, A., Romli, A., Raffei, A. F. M., Phon, D. N. A. L. E., Abdullah, A., & Ming, G. L. (2022). Blended Learning Adoption and Implementation in Higher Education: A Theoretical and Systematic Review. Technology, Knowledge and Learning, 27(2), 531–578. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09477-z
Baier, F., Decker, A., Voss, T., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Kunter, M. (2019). What makes a good teacher? The relative importance of mathematics teachers’ cognitive ability, personality, knowledge, beliefs, and motivation for instructional quality. British Journal of Educational Psychology, 89(4), 767–786. https://doi.org/10.1111/bjep.12256
Dian Roqobih, F., Ambarwati Jurusan Biologi, R., & Negeri Surabaya Jl Ketintang Surabaya, U. (n.d.). Implementation of Blended Learning using Schoology on the Topic of Invertebrate to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(1), 2020. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb
Dwijonagoro, S., & Suparno, S. (2019). Pranatacara learning: Modeling, mind mapping, e-learning, or hybrid learning? Cakrawala Pendidikan, 38(1), 156–173. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.23034
Fahri Husaeni, A. (2023). Survey Tingkat Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK. Educatio. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12266
Flanagan, A. M., Cormier, D. C., & Bulut, O. (2020). Achievement may be rooted in teacher expectations: examining the differential influences of ethnicity, years of teaching, and classroom behaviour. Social Psychology of Education, 23(6), 1429–1448. https://doi.org/10.1007/s11218-020-09590-y
Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. The Internet and Higher Education, 7(2), 95–105. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2004.02.001
Herliana, F., Halim, A., & Farhan, A. (2020). Asian Journal of Science Education Identification of Lecturer Difficulties in Implementing of Blended Learning in the Covid-19 era. Asian Journal of Science Education, 2(2), 106–113. http://jurnal.unsyiah.ac.id/AJSE/
Hockly, N. (2018). Blended Learning. ELT Journal, 72(1), 97–101. https://doi.org/10.1093/elt/ccx058
Jones, K. T., & Chen, C. C. (2008). Blended Learning In A Graduate Accounting Course: Student Satisfaction And Course Design Issues. In THE ACCOUNTING EDUCATORS’ JOURNAL: Vol. XVIII.
Men, L. R., Ji, Y. G., & Chen, Z. F. (2019). Why startup strategic communication? In Strategic Communication for Startups and Entrepreneurs in China (pp. 1–10). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429274268-1
Orton‐Johnson, K. (2009). ‘I’ve stuck to the path I’m afraid’: exploring student non‐use of blended learning. British Journal of Educational Technology, 40(5), 837–847. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2008.00860.x
Pebriyani, D., Sari, V. F., & Betavia, A. E. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penerapan Blended Learning Dalam Pengajaran Akuntansi Pemerintahan: Tingkat Kepuasan dan Rancangan Pengajaran. Wahana Riset Akuntansi, 9(2), 122. https://doi.org/10.24036/wra.v9i2.112695
Purmadi, A., Samsul Hadi, M., & Najwa, luin. (2018). Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Developing Daring Class with Hybrid Learning Application Using Chamilo On Civics Education Courses. Edcomtech, 3(2), 135-140 http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/5467/3019
Ridwan, N. H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Blended Learning, 6(2), 121-144. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/195/83
Sari, P., Nur Aini, L., Fiqhiyati Putri, A., & Anastashfiya Ghozali, R. (2020). MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan) Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Blended Learning Dengan Aplikasi Whatsapp Group Pada Mahasiswa Insud Lamongan. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1). http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index
Sukiman, S. (2022). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Sudut Pandang Mahasiswa. Educatio, 16(2), 99–107. https://doi.org/10.29408/edc.v16i2.4071
Usman, O, Tarbiyah, D., & Parepare, I. (n.d.). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnalistik, 4(1). https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Wijoyo, H., Junita, A., Kristianti, L. S., Santamoko, R., Handoko, A. L., Yonata, H., Ariyanto, A., & Prasada, D. (2020). Blended learning: suatu panduan. Insan Cendekia Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hery Nuraini, Lastry Forsia, Farid Ibnu Wahid, Nurul Anriani, Fadhilatul Zuhairiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.