Pengaruh Field Trip Terhadapt Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Budaya di Kalimantan Barat

Authors

  • Togihon Josia Paber Simaremare Universitas Tanjungpura
  • Supriantini Supriantini Universitas Tanjungpura
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura
  • Halida Halida Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24638

Keywords:

culture, field trip, wilcoxon

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pada pengetahuan siswa sekolah dasar tentang budaya di Kalimantan Barat sebelum dan sesudah penerapan metode field trip. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada siswa. Hasil pengolahan data menyebutkan bahwa data tidak berdistribusi secara normal sehingga dilakukan uji Wilcoxon. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan pengetahuan siswa tentang budaya di Kalimantan Barat sebelum dan sesudah field trip.

References

BPS RI. (2023). Statistik Indonesia 2023. diakses pada https://www.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/18018f9896f09f03580a614b/statistik-indonesia-2023.html

Ejeh, G. U., Adejoh, M. J., Ochu, A. N. O. & Egbe-Okpenge, E. G.. (2021). Effects of Field Trip and Discovery Methods on Senior Secondary School Students’ Retention in Biology in Benue State, Nigeria. VillageMath Educational Review (VER), 2(1), 54-77. https://ngsme.villagemath.net/journals/ver/v2i1/ejeh-adejoh-ochu-egbe-okpenge

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). QualitativeResearch Methods (2nd ed.) (United States: Sage)

Hidayat, Husnul. (2020). Pengaruh dan Ancaman Globalisasi Terhadap Kebudayaan Indonesia. Ad-Dariyah: Jurnal Dialektika, Sosial dan Budaya 1(2). https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/adrsb/article/view/30

Kusuma, Rendra Sakbana. (2018). Peran sentral kearifan lokal dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Pedagogik, 5(2), 2528-5793. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/385

Mahdayeni., Alhaddad, Muhammad Roihan., Saleh, Ahmad Syukri. (2019). Manusia dan kebudayaan(manusia dan sejarah kebudayaan, manusia dalam keanekaragaman budaya dan peradaban, manusia dan sumber penghidupan). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2). https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1125

Meléndez, Rafael., Giraldo, Ramón., dan Leiva, Víctor. (2021). Sign, Wilcoxon and Mann-Whitney Tests for Functional Data: An Approach Based on Random Projections. Mathematics, 9(44). https://dx.doi.org/10.3390/math9010044

Muchtar, Khoiruddin., Koswara, Iwan., dan Setiaman, Agus. (2016). Komunikasi antar budaya dalam perspektif antropologi. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(1). https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/385

Munawarah. (2018). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah statistik deskriptif program studi ekonomi islam jurusan syariah dan ekonomi islam stain watampone. Jurnal Ekspose, 17(2), 2616-4412

Nasrum, Akbar. (2018). Uji normalitas data untuk penelitian (Indonesia: Jayapangus Press)

Pristiwanti, Desi., Badariah, Bai., Hidayat, Sholeh., dan Dewi, Ratna Sari. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2685-936X.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498

Quraisy, Andi. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk (Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar). Jurnal of Health, Education, Economics, Science and Technology, 3(1), 2658-1792. https://j-hest.web.id/index.php/2/article/view/42

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Indonesia: Alfabeta)

Xu, Manfei., Fralick, Drew., Zheng, Julia Z., Wang, Bokai., Tu, Xin M., dan Feng, Changyong. (2017). The differences and similarities between two-sample t-test and

paired t-test. Shanghai Archives of Psychiatry, 29(3). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579465/

Downloads

Published

2024-06-08

How to Cite

Simaremare, T. J. P., Supriantini, S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Pengaruh Field Trip Terhadapt Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Budaya di Kalimantan Barat. Educatio, 19(1), 55–60. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24638