HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SMP NEGERI 2 SAKRA BARAT

Authors

  • Endang Asmawati Sahnaniah
  • Padlurahman Padlurahman Universitas Hamzanwadi
  • Khairul Wazni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24695

Keywords:

Discipline; Leadership Style;Performance; Relationships,

Abstract

Kepala sekolah belum menerapkan fungsi kepemimpinan secara optimal untuk memimpin bawahannya. kepala sekolah juga masih memperlakukan bawahannya secara sama tanpa memperhatikan perbedaan individual antara guru satu dengan guru yang lainnya. Karena banyak dari tugas yang diberikan kepala sekolah kepada guru tidak dipertimbangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh guru tersebut. Sehingga kepala sekolah menganggap bahwa tugas yang diberikan dapat dilaksanakan oleh semua guru selaku bawahannya. guru yang mengajar di kelas masih berdasarkan pengalaman masa lalunya dari waktu kewaktu sehingga merasa menguasai materi di luar kepala dan tidak mau mengubah kepada hal-hal yang baru termasuk metode pembelajaran, penggunaan media, sistem penilaian yang kurang dipahami dan mengajar secara hafalan atau tanpa persiapan mengajar sebelumnya. Fokus penelitian ini: (1) mengetahui: Apakah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja mengajar guru SMPN 2 Kecamatan Sakra Barat. (2) Apakah terdapat hubungan antara disiplin guru dengan kinerja mengajar guru SMPN 2 Kecamatan Sakra Barat. (3) Apakah terdapat hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin guru dengan kinerja mengajar guru SMPN 2 Kecamatan Sakra Barat.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karena berdasarkan uji hipotesis korelasi product moment menunjukkan r hitung > r tabel yaitu 0,502 > 0,404. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin guru dengan kinerja guru. Karena, berdasarkan uji hipotesis korelasi product moment menunjukkan r hitung > r tabel yaitu: 0,706 > 0,404. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan dan disiplin guru dengan kinerja guru. Berdasarkan uji hipotesis korelasi product moment menunjukkan F hitung > F tabel yaitu 10,499 > 3,493. Jadi, gaya kepemimpinan dan disiplin guru terdapat hubungan dengan kinerja mengajar guru. Kata kunci: Hubungan, gaya kepemimpinan, disiplin, kinerja.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Sahnaniah, E. A., Padlurahman, P., & Wazni, K. (2024). HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU DENGAN KINERJA MENGAJAR GURU SMP NEGERI 2 SAKRA BARAT. Educatio, 19(1), 29–36. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24695