Implementasi Filsafat Materialisme Dalam Pendidikan Abad Ke-21

Authors

  • Sustania Rahmawati UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Arbaiyah Yusuf Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Tahniah Tasyirifiah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Syaharani Zahra Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24776

Keywords:

Abad 21, Filsafat Materialisme, Pendidikan

Abstract

Studi ini berkonsentrasi pada implementasi filsafat materialisme dalam pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai implementasi dalam filsafat materialisme yang diterapkan pada abad ini. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi litelatur. Pada prosesnya, penelitian ini melibatkan pencarian referensi yang relevan dari berbagai sumber, seperti buku, e-book, Google Scholar, artikel ilmiah, dan sumber lainnya. Dalam penelitian ini, ditemukan tiga implementasi filsafat materialisme yang diterapkan di abad-21. Pertama, implementasi filsafat materialisme dalam kurikulum pendidikan dimana kurikulum di sekolah pada abad ini tidak hanya memusatkan pembelajaran pada teori semata, melainkan juga memanfaatkan strategi pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga memberikan makna yang lebih nyata dan relevan bagi peserta didik. Kedua, implementasi filsafat materialism dalam berpikir kritis dimana Fokus pemecahan masalah material mampu membantu peserta didik untuk memahami bahwa dalam memecahkan masalah seringkali diperlukakan pemikiran yang kreatif dan kritis. Ketiga, implementasi filsafat materialisme dalam kritisisme terhadap ideologi dan dogma dimana pendidikan abad ke-21 dalam implementasi filsafat materialisme mendorong kritisisme terhadap ideologi dan dogma yang mendominasi pemikiran. Implikasi dari penelitian ini ialah mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, menganalis suatu permasalahan, mempersiapkan para peserta didik untuk menghadapi tuntutan dalam dunia kerja yang terus berubah. Melalui pendekatan ini, filsafat materialisme dalam pendidikan memberikan landasan yang kuat bagi siswa untuk menjadi individu yang terampil, terinformasi, dan mampu menghadapi tantangan global dengan pendekatan yang berbasis bukti dan pengetahuan empiris.

Kata Kunci: Abad 21, Filsafat Materialisme, Pendidikan

ABSTRACT
This research is entitled implementation of the philosophy of materialism in 21st century education. This research aims to determine the various implementations of the philosophy of materialism applied in this century. This research adopts a study of literature approach. This research process involves searching for relevant references from various sources, such as books, e-books, Google Scholar, scientific articles, and other sources. In this research, three implementations of the philosophy of materialism were found to be applied in the 21st century. First, the implementation of the philosophy of materialism in the educational curriculum, where the curriculum in schools in this century does not only focus on theory alone, but also utilizes learning strategies that link learning material to everyday life, thus providing a more real and relevant meaning for students. Second, the implementation of the philosophy of materialism in critical thinking where the focus on solving material problems is able to help students understand that solving problems often requires creative and critical thinking. Third, the implementation of the philosophy of materialism in criticism of ideology and dogma where 21st century education in the implementation of the philosophy of materialism encourages criticism of ideologies and dogmas that may dominate thinking. The implication of this research is to encourage students to develop critical thinking skills, analyze problems, and prepare students to face the demands of the ever-changing world of work. Through this approach, the philosophy of materialism in education provides a strong foundation for students to become individuals who are skilled, informed, and able to face global challenges with an evidence-based approach and empirical knowledge.

 

Author Biography

Sustania Rahmawati, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Abas & Zainul. (2016). Konstruksi Paradigmatis Pemikiran Teologi Islam Kritis. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 12(2), 341–358.

Agoes Hendriyanto. (2015). Filsafat Ilmu dan Perkembangan Pemikiran Manusia. Cakrawala Media.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Anshori, S. (t.t.). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.

Arifin, M. (2020). TAFSIR IDEOLOGIS DALAM PEMIKIRAN. FATIMAH MERNISSI. Diss. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

BURHANUDDIN & Nunu. (2018). Filsafat Al-Fârabî Sebagai Kritik Ideologi. TAJDID, 25(1), 17–32.

Dr. Muhammad Kristiawan, M.Pd. (2016). Filsafat Pendidikan: The Choice Is Yours. Valia Pustaka.

Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag. (2015). PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT. Idea Press.

Edi syahputra. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapanya di indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1, 12777.

Ernie Thomson. (2004). The Discovery of the Materialist Conception of History in the Writings of the Young Karl Marx. The Edwin Mellen Press.

Hisarma Saragih, Stimson Hutagalung, Arin Tentrem Mawati, Dina Chamidah, Muh. Fihris Khalik, Sahri, Paulina Wula, & Bonaraja Purba, Sri Rezeki Fransiska Purba, Iskandar Kato. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Mike Tumanggor. (2021). Berfikir kritis: Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Ponorogo : Gracias Logis Kreatif.

Muhammad Rijal Fadli. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanica, 21(1), 35.

Nanang Martono. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial. Rajawali Pers.

Nel Noddings. (2019). Philosophy of Education (4th Edition). Routledge.

Permata, H. (2011). FILSAFAT DAN KONSEP NEGARA MARXISME. 21(3).

Toenlioe & Anselmus JE. (2014). Toenlioe, Anselmus JE. Teori dan Filsafat pendidikan. PENERBIT GUNUNG SAMUDERA [GRUP PENERBIT PT BOOK MART INDONESIA], 2014. PENERBIT GUNUNG SAMUDERA [GRUP PENERBIT PT BOOK MART INDONESIA].

Warsita, B. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Teknodik, 064–076. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.440

Wasmana, S. Pd. (t.t.). PENGANTAR FILSAFAT PENDIDIKAN.

Wibawa, Ginan, & Rizal Muttaqin. (2022). Implikasi Filsafat Kritisisme Immanuel Kant Bagi Pengembangan Studi Hukum Ekonomi Syariah. Cessie: Jurnal Ilmiah Hukum, 1(1), 19–28.

Published

2023-12-29