Survey Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI di SMA N 11 Semarang

Authors

  • Novita dwi Srumangestu Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24840

Keywords:

Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Penelitian survei dilakukan dengan tujuan untuk memberikan suatu gambaran tentang sesuatu Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang disebar secara online melalui Google Form di grup WhatsApss kelas. Intrumen ini yang terdiri dari 20 pernyataan yang memiliki 4 alternatif jawaban yang harus diisi oleh siswa - siswi. Kemudian dihitung dengan rumus presentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI peminatan kesehatan di SMA N 11 Semarang dengan jumlah sebanyak 67 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini tingkat kepercayaan  siswa terdapat 7 siswa dengan kategori rendah yang memiliki presentase 10%, 46 siswa pada kategori tinggi dengan presentase 69% dan 14 siswa pada kategori sangat tinggi yang memiliki presentase 21%. Maka dlihat dari hasil penelitian siswa – siswi mayoritas memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

References

Alif, A., & Jasmani, P. (n.d.). Survei Tingkat Kepercayaan Diri Pada Tim Futsal Universitas Muhammadiyah Palopo (UMP). https://doi.org/10.37058/sport

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Alif, A., & Jasmani, P. (n.d.). Survei Tingkat Kepercayaan Diri Pada Tim Futsal Universitas Muhammadiyah Palopo (UMP). https://doi.org/10.37058/sport

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Friska, H., Subratha, A., Ariyanti, K. S., Studi, P., Kebidanan, D., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Medika Tabanan, A. (n.d.). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI TABANAN. Jurnal Medika Usada |, 3.

Iswidharmanjaya, D. 2014. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Jahwa Arofah, A., Hidayati, N., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Telukjambe Timur, K., & Karawang, K. (2021). ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP KELAS IX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Vol. 8, Issue 2).

Juliawan, I. W. (2017). Hasil Belajar Ips. 2017(November), 230–235.

Literasi Olahraga, J., Al Fath Kota Bekasi Krisno, A., Gustiawati, R., Iqbal, R., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, P., Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F., & Singaperbangsa Karawang Jalan Ronggowaluyo Telukjambe Timur, U. H. (2020). Tingkat Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Penjas Di SMP (Issue 2). https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20-29.

Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X HT 3 Smk Sangkuriang 2 dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 379–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p3 79-384

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Pangestu, R. A., Sutirna, ), Universitas, M., Karawang, S., Ronggowaluyo, J. H., Timur, K. T., Karawang, K., Barat 41361, J., Universitas, D., & Waluyo, J. H. R. (n.d.). ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA 1). In Maret (Vol. 8, Issue 1).

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016b). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X” Iffa Dian Pratiwi, dan Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori & Terapan.

Sappaile, B. I. (2007). Konsep instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 13(66), 1-7.

Sumarno, A. (2022). Survey Tingkat Percaya Diri Pelajar Putri dalam Ekstrakurikuler Pencak Silat. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 10(1), 23–31. https://doi.org/10.35706/judika.v10i1.6185

Tingkat, P., Diri, K., Dari, D., Kelamin, J., Siswa, P., Rizka, S., Trimayati, H., Sholichah, I. F., Alfinuha, S., & Trimayati, R. H. (n.d.). PERBANDINGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA NEGERI 1 CERME.

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Srumangestu, N. dwi, & Fitriani, S. (2024). Survey Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI di SMA N 11 Semarang. Educatio, 19(1), 83–90. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.24840