Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi SPL

Authors

  • Teguh Firmansyah Teknologi Pendidikan - Universitas Tanjungpura https://orcid.org/0009-0004-0832-6192
  • Haratua Tiur Maria S Teknologi Pendidikan - Universitas Tanjungpura
  • Venny Karolina Teknologi Pendidikan - Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24912

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMK Negeri

7 Pontianak melalui pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Pontianak yang berjumlah 72 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 36 siswa. Pada kelompok eksperimen, pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan pada kelompok kontrol, pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Author Biography

Teguh Firmansyah, Teknologi Pendidikan - Universitas Tanjungpura

SMK Negeri 7 Pontianak

References

Agus, S., & Lestari, S. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 17(2), 137-145.

Anwar Hidayayat, (2014). Penjelasan Uji Mann Whitney U Test – Lengkap. [Online]. Tersedia: https://www.statistikian.com/2014/04/mann-whitney-u-test.html [27 November 2023].

Daimah, Ummu S., Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied. Vol. 04, No.02, pp.131-139

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Handayani, I., Ikasari, I. H., & Kom, M. (2019). Statistika Dasar. Purwokerto: Cv. Pena

Persada.

Kebudayaan, K. P. (2019). Hasil PISA 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Retrieved from https://www.kemendikbud.go.id/main/

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155-166.

Nurdiani, N., & Indriyanti, R. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 17(2), 125-136.

Nurul, H., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantuan media pembelajaran digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 18(2), 147-157.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.

Sari, T., & Lestari, P. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman materi sistem persamaan linear tiga variabel pada siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 18(1), 61-72.

Sugiarto, A., & Widiastuti, A. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman materi sistem persamaan linear tiga variabel pada siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 17(1), 49-60.

Sulistyowati, S., & Sulistyaningsih, S. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 18(2), 139-146.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana. Syaban, M. (2009). Menumbuhkan Daya Matematis Siswa. [Online]. Tersedia:

http://educare.e-fkipunla.net [10 Januari 2018].

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23 dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta : Depdiknas.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Firmansyah, T., Maria S, H. T., & Karolina, V. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi SPL. Educatio, 18(2), 369–380. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24912