Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an

Authors

  • Lalu Rusmin Nuryadi Universitas Hamzanwadi
  • Padlurahman Padlurahman Universitas Hamzanwadi
  • Mashun Mashun Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24996

Keywords:

Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual, Karakter Siswa, Tahfidzul Qur’an

Abstract

Realitanya manusia sebagai mahluq yang berfikir, pada era digitalisasi saat ini mau tidak mau mereka digiring untuk menikmati produk-produk hasil akal manusia yang berupa ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menjadikan pola pikir mereka paragmatis, materealis, dan hedonis. Hal demikian dapat kita lihat dari semakin meningkatnya gaya hidup masyarakat yang konsumtif dan mengesampingkan norma yang berlaku dalam masyarakat trutama generasi milenial. Era digitalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berupa internet membawa prubahan besar dalam mengakses informasi yang serba gampang. Informasi bisa didapat kapan dan dimanapun kita berada, akan tetapi cepatnya informasi tersebut akan membawa perubahan tersendiri bagi masyarakat kita terutama perubahan moral anak bangsa. Degradasi moral anak bangsa merupakan suatu perhatian tersendiri bagi bangsa Indonesia. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai spiritual dalam Program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong, Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam membentuk karakter siswa melalui program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong, Untuk megetahui proses pembentukan karakter siswa melalui program Tahfidzul Qur’an di SMP Islam Tahfidz Kerongkong.

References

Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 130–141.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Aini, N. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohaniah Islam Dalam Membina Karakter Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 49–61.

Aini, N. (2022). KAJIAN SPIRITUALITAS DALAM FILM TARUNG SARUNG KARYA ARCHIE HEKAGERY.

Alfiansyah, M. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Membentuk Karakter Santri Melalui Program Tahfidzul Qur’an Di Rumah Tahfiz Nur Hidayah Yogyakarta. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Amir, A. R. (2022). Pola Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kedungmaling Sooko Mojokerto.

Anwar, C. (2018). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 17(2), 168–185.

Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y., & Kusumaningrum, D. E. (2019). Manajemen pembinaan akhlak dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 17–25.

Fauzi, C. P. S. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Pare.

Haidar, P. D., & Pasa, N. (2016). Pendidikan Karakter (1 ed.). Medan: CV. Manhaji.

Haryani, L. D., & Sholeh, M. A. (2019). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di Sdit Ulul Al-Bab Weleri. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 47–52.

Hayati, F. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 425–433.

Hidayah, N. (2016). Strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an di lembaga pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81.

Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz Al-Quran Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 47–54. Izar, A., & Rezky, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK NU 1 Adiwerna Tegal. Universitas Islam Sultan Agung.

Joko, S. (2004). Metode Penelitian dalam teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43.

Kamus Indonesia.pdf. (t.t.). Diambil 12 Februari 2023, dari https://oldi.lipi.go.id/public/Kamus%20Indonesia.pdf

Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.

Lickona, T. (2013). EDUCATING for CHARACTER (Mendidik unutk Membentuk Karakter). Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.

Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358.

Moleong, L. J. (2010). Metologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, M., & Danial, A. (2021). Implementasi Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 109–121.

Muslimin, I. T., & Marpuah, N. (2022). Implementasi media game Role Playing Game (RPG) untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Akhlak Sehari-hari. Islamic Journal of Education, 1(2), 86–93.

Mutoharoh, A. (2022). Optimalisasi Metode Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur’an di MIN 3 Metro. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 15–24.

Nurhasanah, N. (2020). Pelaksanaan Hidden Curriculum (Kurikulum Tersembunyi) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Smp Slwashliyah 5 Hamparan Perak. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 4(2), 80–92.

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54.

Rahma Sarinim, D. (2022). Peran Habib Husen Bin Muhammad Assagaf Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Bagi Jamaah Majelis Zikir Watta’lim Al-Adzkar Di Komo Luar Kota Manadoskripsi. IAIN Manado.

Rahmi, Y. (2019). Metode Muraja’ah dalam Menghafal Al-QurAn di Pondok Pesantren Al-Mubarok Tahtul Yaman Kota Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovations Studies, 19(1), 65–76.

Rambe, U. K. (2020). Konsep dan Sistem Nilai dalam Persfektif Agama-Agama Besar di Dunia. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 2(1).

Robe’ah, I. S. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 2(02), 95–107.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, T. R. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Di Keluarga Pedagang Ikan RT 006 RW 002 Kelurahan Ario Kemuning Kecamatan Kemuning Palembang). UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Pt Kanisius.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Cv. Alfabeta.

Sukandarumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk peneliti pemula (4 ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Y., Warsah, I., & Siswanto, S. (2019). Analisis Kritis Pelaksanaan Metode Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an Al-Kautsar Curup Kabupaten Rejang Lebong. IAIN Curup.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Susanti, S. E. (2022). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Thomas Lickona “Strategi Pembentukan Karakter yang Baik.” YASIN, 2(5), 719–734.

Tanzeh, A. (2011). Metode Penelitian Praktis. Yogyakarta : Teras.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60.

Umar, M. (2019). Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 71–77.

Walidin, W. (2016). Arah pengembangan sumberdaya manusia dalam dimensi pendidikan islam. Jurnal edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 147–163.

Widiyawati, A., & Khairiyah, A. (2022). Implementasi Metode Talqin Talaqqi Di SD Qurrota A’yun Yogyakarta. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 4(2), 161–171.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter (Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan) (2 ed.). Jakarta : Kencana.

Published

2024-01-11