PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25449Keywords:
Education; Interaktif Power point; Learning MediaAbstract
Pendidikan dipandang sebagai upaya dan perencanaan yang disengaja untuk menciptakan situasi belajar dan lingkungan pembelajaran yang menggalakkan peserta didik untuk aktif mengasah dan menemukan bakat mereka, termasuk kecerdasan, keterampilan, dan kepribadian yang diperlukan saat mereka berinteraksi dalam lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Tematik Berbasis Power point Interaktif” siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian research and development (R&D) dengan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi), (5) evaluasi. Penellitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Intrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi . Validasi dilakukan oleh ahli bahasa, ahli tampilan, dan ahli materi, dengan kriteria yang mencapai tingkat kebaikan yang sangat baik. Tes hasil belajar peserta didik pada tes skala makro menunjukkan tingkat pencapaian sebesar 95%, sementara tes skala mikro memperoleh tingkat kesuksesan 100%. Respon peserta didik dari angket secara total menunjukkan tingkat setuju terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan media pembelajaran ini efektif digunakan untuk siswa sekolah dasar terutama kelas V.
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Peserta didik Kelas XI Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Deki Syaputra ZE, R. A. D. (2022). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Power point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Sma Negeri 7 Tanjung Jabung Timur Ta. 2021/2022. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 5(2), 60. https://doi.org/10.33087/istoria.v5i2.124
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fauzan, A., & Amanaturrakhmah, I. (2021). Pengembangan Genre melalui Microsoft Power point sebagai Media E-Learning dalam Memahami Teks Berbahasa Inggris pada Masa Covid-19 di SMA N 1 Bongas Indramayu. Literas i(Jurnal Ilmu Pendidikan), 12(1), 39. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).39-52
Fitria, A. D., Mustami, M. K., & Taufiq, A. U. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap. Jllurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 14–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669
Fittriani. (2021). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas Iv Sd. Negeri 2 Kampung Baru Kab. Majene. 194.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2020). Pelatihan Aplikasi Microsoft Power point Bagi Guru Dan Staf Sd Negeri 010240 Pematang Cengkring Kecamatan Medang Deras. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 147–154. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v3i2.516
Kurniasari, A. dkk. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2013. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar Riduan Febriandi, V., & Magister Pendidikan Dasar Universitas Bengkulu Wasidi, P. (2019). Agus Susanta. 2(2), 148–158.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media peserta didik. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_Pentingnya_Penggunaan_Medi_Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik. MEDIA-
Lusiani, Hendrawan, A., Firmansyah, F., Supriyanto, S., & Tarida, L. (2023). Deskripsi Pemahaman Guru di SMK Bina Bhakti Cilacap dalam Penggunaan Metode Problem Solving pada Pembelajaran. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.52475/saintara.v7i1.203
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Miles, I. (2007). Research and development (R&D) beyond manufacturing: The strange case of services R&D. R and D Management, 37(3), 249–268. https://doi.org/10.1111/j.1467-9310.2007.00473.x
Mukti, W. M., Puspita, Y. B., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703/9143%0Ahttps://sites.google.com/view/fisikakuyess
Mulyan, E. S., Nuryanti, & Ikhlas, F. (2019). Perencanaan Pembuatan PPT Inovatif Sebagai Media Pembelajaran Endang Sri Mulyani Nuryanti Fajar Ikhlas.
Nainggolan, A. M. (2020). Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pendidikan Pada Masa dan Pasca Pandemi COVID-19. Didaskalia Prodi Pak,-Fipk,-Iakn Manado, 1(2), 13–20.
Nazla, S., Wahyuni, S., & Adiyono, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Yang Efektif Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser. Fikruna, 6(2), 51–78. https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.122
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Peserta didik. Misykat, 03, 171–187.
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.8685
Oktaviani, L., & Ayu, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Dua Bahasa SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 437–444. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/731
Pribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustaniable Development Goal (Sdg) Dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Papua. 5(3), 917–932.
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Peserta didik Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–32.
Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Rachmadtullah, R., Setiawan, B., Jati, A., Wasesa, A., & Wicaksono, J. W. (2022). Monografi Pembelajaran Interaktif dengan Metaverse. 4–18.
Ria Pratiwi, A. S. A. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas 2. 2(1), 796–804.
Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Smith, J. (1996). Developmental Research. Safflower, 142–184. https://doi.org/10.1201/9781439832080.ch6
Sujadi, I. (2018). Peran Pembelajaran Matematika pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Silogisme Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun, 1, 1–13.
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11.
Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7084
Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan….. (Joneta Witabora). Humaniora, 3(2), 660.
Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Peserta didik Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 M. Hasan Asy'ari, Edy Waluyo, Badarudin Badarudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.