Analysis of Student Characteristics in Class X-9 of SMA Negeri 5 Semarang

Authors

  • Dwi Agung Setyawan Setyawan Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Analysis, Characteristics, PKN

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan dan menganalisis karakteristik peserta didik di kelas X-9 SMA Negeri 5 Semarang. Permasalahan pada penelitian ini yaitu adanya beberapa siswa yang memiliki sikap kurang disiplin, sikap tanggung jawab, serta sikap kurangnya motivasi dalam belajar. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu karakteristik peserta didik pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 5 Semarang dapat dilakukan melalui kegiatan budaya kelas, status sosial, minat belajar, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi belajar, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral dan spiritual, serta perkembangan motoric. Simpulan pada penelitian ini yaitu dari kegiatan menganalisis karakteristik siswa guru menerapkan beberapa strategi yang bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin, tanggung jawab, toleransi, bersahabat atau komunikatif, serta gemar membaca.

References

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555.

Ariyani, N. D. (2021). Perkembangan Sosial Peserta Didik Mulai Usia Dini Sampai Remaja. Jurnal Ecodinamika, 4(2), 1–3.

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda. (2021). Implikasi Distance Learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Handayani, I. P., & Hasrul, H. (2021). Analisis kemitraan guru dan orang tua dalam pembentukan karakter anak berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(1), 1–12.

Hardani, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Nur, G. C. B., Helmina, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Hayati, F., & Fatimah. (2019). Peningkatan Kemampuanmotorik Kasar Melalui Permainan Bakiak Di Kelompok B Tk Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Jurnal Buah Hati, 6(1), 53–61.

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKN Dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42–52.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon. Pedagogika: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23.

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended Learning Untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 90–101.

Puspitasari, I., & Hidayatulloh, M. K. (2020). Penanaman Nilai Moral- Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil. Jurnal Wacana, 12(1), 36–49.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, 25(11), 289–302.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111.

Setiana, D. S., & Nuryadi. (2021). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taluke, J., Lasawengen, L., & Suwu, E. A. A. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Tingkat Keberhasilan Mahasiswa Di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Holistik, 14(2), 1–16.

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Intruksional, 1(2), 152–158.

Downloads

Published

2024-06-17

How to Cite

Setyawan, D. A. S., & Haryati, T. (2024). Analysis of Student Characteristics in Class X-9 of SMA Negeri 5 Semarang. Educatio, 19(1), 143–152. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/25778