Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa UPT SMP Negeri 1 Srengat Blitar
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25889Keywords:
Kata kunci: hasil belajar IPS, kemampuan literasi siswaAbstract
Penelitian ini bermaksud menyelidiki tiga aspek utama. Pertama, mengevaluasi kemampuan literasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srengat. Kedua, menilai pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran IPS. Ketiga, mengeksplorasi dampak kemampuan literasi terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan kelas VII-I dipilih sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan melalui angket tentang literasi dan tes tertulis mengenai pencapaian akademik dalam mata pelajaran IPS. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, linearitas, dan uji regresi. Penelitian ini menemkan fakta bahwa kemampuan literasi dan pencapaian akademik dalam IPS siswa berada pada tingkat yang memuaskan, dengan rata-rata masing-masing sebesar 46,225 dan 65,16. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa kemampuan literasi berpengaruh terhadap pencapaian mata pelajaran IPS, hal ini dibuktukan oleh output SPSS regresi linier dengan nilai sig.= 0,008. Lebih lanjut, nilai t hitung yang melebihi t tabel (2,858 > 2,045), dan R Square sebesar 0,220 menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis memberikan kontribusi sekitar 22% output pembelajaran IPS.
References
Alfian Handina Nugroho, R. P. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Skripsi tidak dipublikasikan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Bahri, S & Zamzam, F. (2014) Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos. Yogyakarta: Deepublish.
Hidayat Hilal Muhammad. Jurnal. Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Ri. Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, (2018).
Shafina Putri Andita. 2022. Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial Di Era Globalisasi. Jurnal Libria, 14(2).
Yusril Tabrani. 2023. Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Mts Marakit Ta’limat Mamben Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Mataram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budi Santoso, Anggoro Putranto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.