Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa UPT SMP Negeri 1 Srengat Blitar

Authors

  • Budi Santoso Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anggoro Putranto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25889

Keywords:

Kata kunci: hasil belajar IPS, kemampuan literasi siswa

Abstract

Penelitian ini bermaksud menyelidiki tiga aspek utama. Pertama, mengevaluasi kemampuan literasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srengat. Kedua, menilai pencapaian akademik siswa dalam mata pelajaran IPS. Ketiga, mengeksplorasi dampak kemampuan literasi terhadap prestasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan melibatkan  kelas VII-I dipilih sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan melalui angket tentang literasi dan tes tertulis mengenai pencapaian akademik dalam mata pelajaran IPS. Analisis data menggunakan  uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, linearitas, dan uji regresi. Penelitian ini menemkan fakta bahwa kemampuan literasi dan pencapaian akademik dalam IPS siswa berada pada tingkat yang memuaskan, dengan rata-rata masing-masing sebesar 46,225 dan 65,16. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa kemampuan literasi berpengaruh terhadap pencapaian mata pelajaran IPS, hal ini dibuktukan oleh output SPSS  regresi linier dengan nilai sig.= 0,008. Lebih lanjut, nilai t hitung yang melebihi t tabel (2,858 > 2,045), dan R Square sebesar 0,220 menunjukkan bahwa kemampuan membaca dan menulis memberikan kontribusi sekitar 22%  output pembelajaran IPS.   

References

Alfian Handina Nugroho, R. P. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Skripsi tidak dipublikasikan, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Bahri, S & Zamzam, F. (2014) Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayat Hilal Muhammad. Jurnal. Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Ri. Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, (2018).

Shafina Putri Andita. 2022. Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial Di Era Globalisasi. Jurnal Libria, 14(2).

Yusril Tabrani. 2023. Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Mts Marakit Ta’limat Mamben Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Negeri Mataram.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Santoso, B., & Putranto, A. (2024). Pengaruh Kemampuan Literasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa UPT SMP Negeri 1 Srengat Blitar. Educatio, 19(1), 153–161. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25889