Peningkatan Pemahaman Teks Narasi Siswa Kelas II Melalui Pemanfaatan Bigbook Digital Berbantuan AKM Kelas

Authors

  • Ulfa Nida Nur Sya'bana Universitas Negeri Semarang
  • Panca Dewi Purwati Universitas Negeri Semarang
  • Alindha Aryua Eka SD Negeri Tembalang

Keywords:

AKM Kelas, Bigbook Digital, Hasil Belajar, Proses Belajar, Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas II SDN Tembalang dalam memahami teks narasi. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar dalam memahami teks narasi menggunakan Big Book Digital berbantuan AKM kelas pada siswa kelas II SDN Tembalang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN Tembalang. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan terjadinya peningkatan pada siklus 1 ke siklus 2 melalui pengamatan sikap mandiri dari 75% menjadi 87% (sangat baik) dan sikap gotong royong dari 83% menjadi 91% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar pada pra-siklus sebesar 69 dengan 16 siswa tuntas atau 57% (kurang), rata-rata hasil belajar pada siklus 1 meningkat menjadi 79 dengan 23 siswa tuntas atau 82% (baik), sedangkan rata-rata hasil belajar kembali meningkat pada siklus 2 menjadi 88 dengan 26 siswa tuntas atau 93% (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan proses dan hasil belajar memahami teks narasi siswa kelas II melalui pemanfaatan bigbook digital berbantuan AKM kelas di SD Negeri Tembalang.

References

Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 58, 129–134.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Chesa, N., & Binti Azizatun Nafi’ah. (2022). Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Kelas Sekolah Dasar Sebagai Sarana Evaluasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 67–86. https://doi.org/10.21009/jpd.v13i2.28482

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Susanti, D., & Antoro, B. (2021). Panduan Literasi & Numerisasi Di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fahmi, Chamidah, D., Hasyada, S., Muhammadong, M., Saraswati, S., Muhsam, J., Listiyani, L. R., Rahmawati, H. K., Yanuarto, W. Nn., Maiza, M., Tarjo, T., & Wijayanti, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In CV. Adanu Abimata. CV. Adanu Abimata.

Kosilah, K., Neeke, A., Akbar, A., & Riniati, W. O. (2022). Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(1), 275–282. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i1.3514

Mailida, Y., Wandini, R., R., & Rahmah, F., M. (2023). Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Social Science Research, 3(2), 5608–5615.

Purwanto, M. N. 2017. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum ( AKM ) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. 19(1), 13–24.

Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3208

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3886

Solchan Ghazali, M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, & Grisa Anecy. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141

Sukmadinata, N. S. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. REMAJA ROSDAKARYA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 tentang Sistem Perbukuan. (2017). Jakarta: Kemdikbud

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Nida Nur Sya’bana, U., Dewi Purwati, P., & Aryua Eka, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Teks Narasi Siswa Kelas II Melalui Pemanfaatan Bigbook Digital Berbantuan AKM Kelas. Educatio, 19(1), 173–183. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/26020