Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sma N 9 Semarang

Authors

  • Amar Setiadi Universitas
  • Sri Suneki Universitas PGRI Semarang
  • Rizki Wiratama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pancasila, profil pelajar pancasila, pendidikan pancasila

Abstract

Profil pelajar Pancasila mempunyai tujuan yaitu memperkenalkan karakter bangsa dan kemampuan global perlu dimiliki pelajar Pancasila, sejalan sesuai nilai nilai luhur Pancasila, serta mempunyai makna mencetak penerus hebat dimana mampu mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini mendapatkan bahwa penerapan profil pelajar Pancasila belum ideal atau belum maksimal karena adanya berbagai hambatan seperti minimnya minat siswa terhadap mata pelajaran dan siswa masih pasif dalam belajar. Implementasi Profil Pelajar Pancasila seharusnya bisa menjadi pedoman dalam menciptakan karakter siswa Indonesia pada masa yang akan datang. Karena merupakan suatu dasar dalam Profil Pelajar Pancasila yang wajib menjadi pelekat atau pada setiap peserta didik. Figur itu akan selalu ada pada tingkah laku maupun sikap peserta didik pada waktu sehari hari. Begitu pula, pada  pendidikan akan berakhir pada satu tujuan yang terdapat pada program-program dan kegiatan pembelajaran disetiap sekolah Profil Pelajar Pancasila membentuk pelajar Indonesia menjadi pembelajar sepanjang masa yang mempunyai kapabilitas secara luas dan berintegritas sepadan pada nilai-nilai Pancasila dengan 6 ciri utama : (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, (6) kreatif

References

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Amin, M. D. A. Al. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. JISoP: Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik, 2(1), 11–18.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal pemikiran sosiologi, 2(1).

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179

Salahudin, A., & Rohaniawati, D. (2018). Pembelajaran Berkelompok Tipe Example Non Example Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah AlAwlad, VIII(1), 1–9

Rossa, A. T. (2021). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Konsep dan Implementasi). Adab.

Hamid, M. A (2020). Media pembelajaran. Journal media pembelajaran

Ismail, S., Suhana, & Zakiyah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 79–80.

Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485

Downloads

Published

2024-06-09

How to Cite

Setiadi, A., Suneki, S., & Wiratama, R. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sma N 9 Semarang. Educatio, 19(1), 102–110. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/26069