Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester dan Materi Ajar berbasis Multimedia bagi Mahasiswa Autis

Authors

  • Leonardi Paris Hasugian Universitas Komputer Indonesia https://orcid.org/0000-0002-0636-6906
  • Irfan Dwiguna Sumitra Universitas Komputer Indonesia
  • Imelda Pangaribuan Universitas Komputer Indonesia
  • Syahrul Mauluddin Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.6191

Keywords:

Autism Spectrum Disorder, Multimedia, Rencana Pembelajaran Semester

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan perspektif pembelajaran bagi mahasiswa Autism Spectrum Disorder pada Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia. Perspektif tersebut dituangkan pada Rencana Pembelajaran Semester dan materi ajar berbasis multimedia. RPS yang disusun menginterpretasikan pemodelan pembelajaran selama satu semester pada dua mata kuliah, yaitu Algoritma dan Pemrograman Dasar serta Lab. Pemrograman Dasar. Melalui mata kuliah tersebut dikembangkan materi ajar berbasis multimedia. Rencana Pembelajaran Semester dan materi dikemas dengan mengkhususkan pada kebutuhan dan evaluasi bagi mahasiswa autis. Pengumpulan data didapatkan melalui forum group discussion. Kemudian dianalisis menggunakan model Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Hasil yang didapatkan merupakan ketentuan dalam pemberian materi, evaluasi mahasiswa, dan model pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa autis yang disajikan dalam bentuk RPS. Untuk selanjutnya acuan dari RPS ditransformasikan menjadi materi ajar berbasis multimedia melalui video animasi dan permainan. Berdasarkan pengujian, hal tersebut secara signifikan berdampak pada terciptanya lingkungan belajar yang ideal bagi mahasiswa autis.

References

Armansyah, Firdausy, Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol. 2, No. 3, Hal. 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Hoerunnisa, Alin, Suryani, Nunuk, & Efendi, Agus. (2019). The Effectiveness of the Use of E-Learning in Multimedia Classes to Improve Vocational Students Learning Achievement and Motivation. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 7, No. 2, Hal. 123-137. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p123--137

Jaya, Bonita Septia. (2016). Perilaku Penemuan Informasi Mahasiswa Disabilitas Pendengaran di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang. LN: Libri-Net, Vol. 5, No. 3, Hal. 1-20.

Komalasari, Mahilda Dea, & Pamungkas, Bayu. (2018). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Multisensoris dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SD Inklusi. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 5., No. 2, Hal. 39-45. http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v5i2.11213

Kurniawati, Widiawati, Ismatulloh, Kholida, & Kholisho, Yosi Nur. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, Vol. 2, No. 2, Hal. 74-83. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.922

Kurniawati, Inung Diah, & Nita, Sekreningsih. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, Vol. 1, No. 2, Hal. 68-75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Mais, Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV Pustaka Abadi.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. (2011). Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas (Convention on The Rights of Persons with Disabilities). Free, 19, pp. 1–36.

Mawardi, Gilang, Iriani, Tuti, & Daryati. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Kompetensi Pembelajaran Pokok Materi Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, Vol. 8, No. 1, Hal. 24-30. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.8485

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2017 tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. Hal. 1–11.

Monalisa, Lioni Anka, & Trapsilasiwi, Dinawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika Berdasarkan Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pancaran Pendidikan, Vol. 5, No. 4, Hal. 191–200.

Nurdin, Syafruddin. (2017). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Hal. 21-30. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i1.813

Poernomo, Moyo Hady, Winarno, Wing Wahyu, & Sukoco. (2016). Perancangan Multimedia Pembelajaran untuk Terapi Anak Berkebutuhan Khusus. SMATIKA Jurnal: STIKI Informatika Jurnal, Vol. 6, No. 1, Hal. 1-9. https://doi.org/10.32664/smatika.v6i01.54

Rahmawati, Sartika, & Asim. (2018). Penerapan Media Interaktif “KNS” untuk Siswa Autis. Jurnal Ortopedagogia, Vol. 4, No. 1, Hal. 17–21. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p017

Ridlwan, Zulkarnain. (2013). Perlindungan Hak-Hak Konstitusional Penyandang Disabilitas. Fiat Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 7, No. 2, Hal. 231-243. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v7no2.382

Setiyani, Lila. (2019). Pengujian Sistem Informasi Inventory pada Perusahaan Distributor Farmasi Menggunakan Metode Black Box Testing. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1, Hal. 20-27. https://doi.org/10.36805/technoxplore.v4i1.539

Sholeh, Akhmad. (2015). Islam dan Penyandang Disabilitas : Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Palastren, Vol. 8, No. 2, Hal. 293–320. http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v8i2.968

Sitepu, B. P., & Lestari, Ika. (2018). Pelaksanaan Rencana Pembelajaran Semester dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 32, No. 1, Hal. 43–51. https://doi.org/10.21009/PIP.321.6

Soleh, Akhmad. (2014). Kebijakan Perguruan Tinggi Negeri Yogyakarta Terhadap Penyandang Disabilitas. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1, Hal. 1-30. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.1-30

Triutari, Indah. (2014). Persepsi Mahasiswa Penyandang Disabilitas tentang Sistem Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi. EJUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Vol. 3, No. 3, Hal. 221–229. https://doi.org/10.24036/jupe38470.64

Universitas Komputer Indonesia. (2008). Buku Panduan Penyandang Disabilitas. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Ramadhani, Rezeki, P, Farhan Eris, Nopiza, Uci Iffatria, & Ilhami, Galuh Fata Surya. (2019). ASEAN Declaration of Human Rights sebagai Penguatan Rule of Law Hukum Hak Asasi Manusia di Kawasan Asia Tenggara. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

Yuliandari, Sintia, & Wahjudi, Eko. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. JPAK: Jurnal Pendidikan Akuntansi, Vol. 2, No. 2, Hal. 1–9.

Published

2023-06-29

How to Cite

Hasugian, L. P., Sumitra, I. D., Pangaribuan, I., & Mauluddin, S. (2023). Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester dan Materi Ajar berbasis Multimedia bagi Mahasiswa Autis. Educatio, 18(1), 1–16. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.6191