Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur)
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v2i1.1289Keywords:
Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran sejarah pada Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dan penerapan kurikulum 2013 di SMAN 2 Aikmel berjalan dengan baik meskipun terdapat berbagai hal yang dalam prosesnya perlu mendapatkan peningkatan yang berarti. Penerapan kurikulum 2013 di SMAN 2 Aikmel telah memberikan arah baru dalam pengembangan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut.
References
Aan Hasamah, 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Pustaka Raya.
Abd. Rahman Hamid. 2014. Pembelajaran Sejarah. Yokyakarta: Ombak.
Abdul Majid , 2013. Perencanaan pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Rosda Karya.
Dale Schunk, 2012. Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan ( judul asli Learning Teories and Educational Persfektitive terjemah Hamdiah). Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mujiono 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Husamah dan Yanur Setianingrum. Desain Pembelajaran berbasis Pencapaian Kompetensi (Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013) . Jakarta: Prestasi Pustaka
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung: Alfabeta.
Miftahul Huda, 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jokykarta: Pustak Pelajar.
Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelaja Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles dan Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif. Alih Bahasa Tjetjob Rohendi Rohidi. Jakarta: Unifersitas Indonesia Press.
Nana Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Poerwati dan Sofan Amri.2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013 (Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar.
Oemar Hamalik 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara
. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Saiful Bahri Jamarah. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya:Usaha Nasional.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta
_____________. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Subakri. 2010 “ Journal†Paradigma Pemmbelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Vol, 24, No.1 April 2010
Sofan Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Widya 1989. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License