Pentingnya Metode Pembelajaran Sejarah Berbasis Budaya Maritim untuk Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v3i2.2147Keywords:
Metode Pembelajaran, Sejarah, Budaya MaritimAbstract
Penelitian bertujuan menghasilkan metode Pembelajaran Sejarah berbasis Budaya Maritim untuk siswa SMA. Produk ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang Kelautan. Penelilitian ini adalah penelitian pengembangan. Langkah penelitian pengembangan meliputi : 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan desain metode dan bahan ajar, 3) Validasi Produk. Penelitian menghasilkan produk bahan Ajar Sejarah berbasis Budaya Maritim. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Rambu-rambu dalam analisis data hingga menghasilkan kesimpulan merujuk metode Huberman yakni kegiatan reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa SMA Kota Selong mengalami kesulitan menjelaskan materi ajar Sejarah yang berhubungan dengan Sejarah dan budaya maritim. Guru belum mampu menyampaikan materi ajar secara integral antara materi Sejarah dengan dunia kemaritiman Indonesia termasuk dengan budaya maritim Pulau Lombok. Kondisi ini berpengaruh pada rendahnya wawasan siswa terhadap budaya maritim yang berdampak pada rendahnya minat kebaharian siswa pada hal Indonesia dan Pulau Lombok adalah wilayah maritim yang sangat potensial dalam bidang perdagangan, pariwisata dan perikanan.Bahan ajar Sejarah yang berbasis Budaya maritim belum ada di sekolah sehingga Guru dan siswa mengharapkan adanya Metode pembelajaran dan bahan ajar Sejarah berbasis Budaya Maritim. Penelitian ini menghasilkan Metode pembelajaran dan bahan ajar Sejarah berbasis budaya Maritim dan menunjukkan metode pembelajaran dan bahan ajar yang dirancang tergolong sangat baik dan relevan dalam pembelajaran sejarah.
References
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri, 2011. Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Beratha, Dewa Gde, 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadukan Dengan Kecerdasan Ganda Terhadap Aktivitas & Mahirasi Belajar IPA Siswa SMP . (Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran vol.8 No.3, Juni 2013, hal.2309).
Borg, W.R and Gall,M.D. 1989. Educational Research : an Introduction (5th ed) New York : Longman
Komalasari, Kokom dan Bunyamin Maftuh, 2014. Model Pembelajaran Indiginasi dalam SEJARAH Untuk Pengembangan Wawasan Multikultur Mahasiswa. (EDUSENTRIS, jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, SPS UPI) vol. 1 no. 1, Maret 2014.
Mariawan, I.M. dkk, 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Kearifan Lokal Pada Siswa SMP di Kota Singaraja. Termuat Dalam Kumpulan Abstrak Seminar Nasional Riset Inovatif. Singaraja : Lemlit Undiksha.
Nitiasih, P.K, dkk. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Percepatan Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Provinsi Bali. Termuat Dalam Kumpulan Abstrak Seminar Nasional Riset Inovatif. Singaraja : Lemlit Undiksha.
Piscayanti, Kadek Sonia dkk, 2013. Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran dan Bahan Ajar Sastra Berbasis Karakter di Jurusan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Termuat Dalam Kumpulan Abstrak Seminar Nasional Riset Inovatif. Singaraja : Lemlit Undiksha.
Rochayati, Nurin, 2011. Pengembangan Teks Geografi SMA/MA Kelas X Semester II pada Materi Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Dengan Model Dick and Carey. (Jurnal Media Bina Ilmiah, Pendidikan – Penelitian – Olahraga-Teknologi-Seni) Vol. 5 no.2 , April 2011.
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Santyasa, I Wayan dkk, 2014. Analisis Kebutuhan Pengembangan Model-Model Student-Centered Learning Untuk meningkatkan Penalaran Karakter Siswa SMA. (JPI JURNAL Pendidikan Indonesia, Lemlit Undiksha) Vol. 3 N0. 1, April 2014.
Sudiatmika, A.A. Istri Agung Rai, dkk, 2013. Studi Pendahuluan Pengembangan Model Pendidikan Budi Pekerti Berlandaskan Filosofi Trikaya Parisudha di SMP. Termuat Dalam Kumpulan Abstrak Seminar Nasional Riset Inovatif. Singaraja : Lemlit Undiksha.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License