Analisis Materi Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA Kelas XI Terbitan Kemenag Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v4i1.2188Keywords:
Buku Siswa, Kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya beberapa temuan mengenai ketidaksesuaian analisis buku siswa pada kurikulum 2013. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis materi buku siswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan agar sesuai dengan analisis yang telah dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan penelitian ini berupa buku, jurnal, dan situs internet yang terkait dengan topik yang dipilih. Teknik pengumpulan data dengan identifikasi wacana dari buku-buku, jurnal dan informasi lainnya yang terkait. Selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut. Dari hasil analisis buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam, maka hasil yang diperoleh dari peneliti yaitu banyaknya keterampilan / maharah yang diberikan pada siswa tidak menjamin bagi peserta didik dalam memahami semua materi yang disajikan oleh guru, kemungkinan dengan memberikan hanya beberapa keterampilan saja, namun materi akan dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Dengan begitu, meskipun ada banyak maupun sedikitnya keterampilan yang disajikan pada KD tidak mempengaruhi keterampilan pada peserta didik.
References
Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. Vol. (8)2
Ariyunita, Noorrela. 2019. Pemetaan dan Analisis Maharah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Jenjang SMA dan MA (Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. (9)2. hal. 98-104
Darmayanti, Vivi, Slamet H, dan Sulifah A.H . 2014. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso. Pancaran Pendidikan. Vol. (3) 3. hal. 93-102.
E, Nasin dan D, Anno. 2014. Menulis Naskah Untuk Menjadi Sang Juara. Bandung: Gaza Publishing
Faridah, Nurul. 2018. Analisis Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Smp / Mts Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016. Diss. IAIN Salatiga
Ferguson, John, dkk. 2008. An Analysis of the Rule of the Textbook in the Construction of Accounting Knowledge. Scotlandia: The institute of Chartered Accountants of Scotland
Mida, Muzamiroh. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena
Muaripin. 2018. Kajian Pengembangan Bahan Ajar Melalui Analisis KI dan KD dalam Mata Pelajaran SKI Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs). Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. (12)33.
Rouf, Abdul dan Raghda L. 2018. Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya. Vol. (3)2. hal. 903-926
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara
Yusmium, Ika. 2015. Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Smp / Mts Kurikulum 2013. Diss: Uin Walisongo
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License