Kemerdekaan Indonesia dalam Pandangan Tan Malaka dan Soekarno Tahun 1949-1950
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v4i1.2312Keywords:
Kemerdekaan Indonesia, Pandangan Tan Malaka dan Soekarno.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sejarah pandangan Tan Malaka dan Soekarno (2) mengetahui makna dari pandangan Tan Malaka dengan Soeakrno dalam persepektif kemerdekaan Indonesia (3) mengetahui pandangan Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir mengenai pandangan Tan Malaka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif, karena data yang akan diperoleh di lapangan lebih banyak bersifat informasi atas keterangan-keterangan. Penelitian kualitatif atau penelitian naturalistik sebagaimana pendapat menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik bahwa data dinyatakan dalam keadaan yang sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural seting) dengan tidak merubah kedalam bentuk simbol atau bilangan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah. Metode penelitian sejarah adalah sekumpulan prinsip dan aturan yang sistematis, yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang efektif dalam mengumpulkan sumber, kemudian menyajikan sebagai suatu sintesis biasanya dalam bentuk tertulis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pandangan Tan Malaka tentang kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari kerja keras masayrakat Indonesia karena tanpa mereka Indonesia tidak akan mendapatkan kemerdekaan 100%, sedangkan pandangan Soekarno mengenai kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari kerja keras dari Soekarno sendiri dan campur tangan dari Jepang yang ikut serta membantu dalam mengalahkan sekutu. Selain perbedaan pandangan tersebut, Tan Malaka juga berpendapat pada tanggal 17Agustus 1945 itu Indonesia belum merdeka sepenuhnya.
References
Abibidin, N. F. 2016. Membebaskan Kaum Kromo: Pemikiran Pendidikan Tan Malaka. Seminar Nasional 71 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Universitas Andalas.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitrianingsih. 2009. Metodologi Penelitian. Jakarta. Mandar Maju.
Koentjaraningrat. 1982. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia Pustaka.
Malaka, T. 2014. Islam dalam Madilog. Bandung: Sega Arsy.
Malaka, T. 2014. Madilog. Yogyakarta: Narasi.
Malaka, T. 2014. Naar de Republik Indonesia. Bandung: Sega Arsy.
Malaka, T. 2011. Serikat Islam Semarang dan Onderwijs. Jakarta: Pustaka Kaji.
Malaka, T. 2017. Bapak Republik yang Dilupakan, Jakarta: KPG.
Moleong, Lexy J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Poeze, H. A. 2008. Tan Malaka, Gerakan Kiri, dan Revolusi Indonesia. Jilid I : Agustus 1945-Maret 1946. (H. Setiawan, Penerj.), Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan KITLV-Jakarta.
Sugiyono.1995. Strategi Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suhairini. 2008. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarto, W. 1999. Memperkenalkan Tan Malaka, Pahlawan Kemerdekaan Nasional Yang Paling. Jakarta: Pusat Data Indikator.
Taufik, Susilo Adi 2016. Tan Malaka Biografi Singkat, Yogjakarta: Garasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License