Nilai-nilai Sejarah dan Budaya Bangunan Masa Kolonial di Komplek Pertamina Plaju Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v4i1.2433Keywords:
Bangunan kolonial, nilai sejarah, pembelajaran.Abstract
Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia sehingga kehidupan masa kuno hingga masa sekarang ini telah meninggalkan berbagai peninggalan dan bukti sejarah terutama peninggalan-peninggalan masa kolonial Belanda di komplek Pertamina Plaju Palembang. Peninggalan-peninggalan sejarah tersebut sebenarnya secara tidak langsung banyak masyarakat mengetahui tetapi sayangnya nilai-nilai sejarah yang terkandung pada peninggalan tersebut tidak banyak yang tahu sehingga hanya sebagai benda atau bangunan peninggalan sejarah yang dianggap biasah saja dan kurang diminati atau dimanfaatkan. Padahal nilai-nilai sejarah peninggalan masa Kolonial tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah yang menarik dan penting untuk dipelajari. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sejarah peninggalan masa Kolonial di Komplek Pertamina Plaju Palembang sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, dimana diawali mulai dari Heuristik atau proses pengumpulan data lapangan dan studi pustaka, kedua verifikasi data, ketiga Interpretasi sejarah atau teknik menganalisis atau penafsiran sejarah yang terakhir adalah Historiografi atau proses penulisan sejarah itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah temuan peninggalan-peninggalan sejarah masa kolonial di komplek Pertamina Plaju adalah bagunan gedung olahraga SMA Patra Mandiri, saluran air terdiri dua tingkat, bangunan rumah arsitektur Eropa, bangunan rumah sakit dan temuan lainnya. pada peninggalan tersebut tentu mengandung nilai-nilai sejarah penting sehingga menarik untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah.
References
Agustina, E. (2017). Sejarah PT. Pertamina Refinery Unit III Plaju Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMK Bina Jaya . 22.
Abdurrahman, dudung. 1999, Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: logos wacana ilmu
Oty, O.N, Sholeh. (2019). NILAI SEJARAH GEREJA SILOAM DALAM PENYEBARAN AGAMA KRISTEN DI KOTA PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. KALPATARU, Vol. 6, No.1.
Dmayati, M. (2014). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. JAKARTA: PT. Rineka Cipta.
Hanum, M. (2014). PROSES INKULTURASI 'RUMAH SIPUT' SEBAGAI PROPAGANDA BUDAYA KOLONIAL PADA TAMPILAN BENTUK KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM. Seminar Rumah Tradisional, 2.
Iswanto, H. Y. (2014). TIPOLOGI BANGUNAN KOLONIAL BELANDA SMP NEGERI 2BANDUNG. 1.
Keling, G. (2016). TIPOLOGI BANGUNAN KOLONIAL BELANDA DI SINGARAJA. Forum Arkeologi Volume 29 Nomor 02, 66-67.
Laksono, J. B. (2013). Kebijakan Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme pada Siswa di SMA Negeri 1 Anbarawa. 2.
Lussetyowati, d. (357). PENDAMPING DALAM PENDAPAT BANGUNAN DI KAWASAN PERMUKIMAN TRADISIONAL 3-4 ULU PALEMBANG. Seminar Ikatan Penelitian Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI), 2017.
Sholeh. K, d. (2019). NILAI-NILAI SITUS BERSEJARAH DI SUMATERA SELATAN SEBAGAI PENGUAT KARAKTER DI SMK PGRI LAHAT. Jurnal PKM: Pengabdian epada Masyarakat, 236-237.
Sjamsuddin, Helius. 2012. Metodologi sejarah. Yogyakarta: Ombak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License