Kearifan Lokal dan Pendidikan Era Global di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v1i1.565Keywords:
Globalisasi, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal.Abstract
Tulisan ini berisi uraian mengenai konsep pendidikan karakter yang berlandaskan pada kearifan lokal, potret karakter pendidikan kita dewasa ini, tantangan yang harus diperjuangkan bersama untuk menjadikan pendidikan Indonesia yang berkarakter dengan landasan budaya lokal, serta solusi masa depan pendidikan Indonesia yang berlandaskan kearifan lokal dalam bingkai pendidikan Nasional yang berkarakter.
References
Anwar Ibrahim. 2003. Negara Kesejahteraan dalam Pemikiran Maccae Ri Luwu. Makassar: _____________.
Candra, Andi Indra. 1987. Sistem Perkawinan Adat Luwu yang Relevan dalam Transformasi Kebudayaan Nasional. Makalah. Dipresentasikan Pada Seminar Sehari, di IKIP Ujung Pandang pada 12 Maret 1987.
Dadang Supardan. 2011. Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.
Ebenstein, William dan Fogelmen, Edwin. 1990. Isme-Isme Dewasa Ini. Jakarta: Erlangga.
Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Epektif. Yogyakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Kesuma, Andi Ima. 2012. Kiprah Orang Bugis dalam Panggung Sejarah. Makalah.
Disampaikan di Makassar Pada Tanggal 22 Juli 2012.
Kesuma, Andi Ima. 2012. Moral Ekonomi Manusia Bugis. Makassar: Rayhan Intermedia.
Kuntowijoyo. 1999. Budaya & Masyarakat: edisi revisi sampul. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Okezone Media. 2013. Brutalnya Sikap Pelajar Sepanjang 2013.
(http://jakarta.okezone.com). Diakses pada 21 Juli 2014.
Redja Mudyahardjo. 2004. Filsafat Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Salim, Agus. (Editor). 2001. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Samani, M. & Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Rosdakarya.
Ubaidillah, Khasan. Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter.
(http://qudsiyyah.com). Diakses Pada 22 Juli 2014.
Zed, Mestika. Geneologi Ilmu-Ilmu Sosial di Indonesia: Kecendrungan Bertahannya Gejala Parokialitas antar Disiplin (II). (http://nasbahrygallery1.blogspot.com/2011/02/). Diakses 20 Juli 2014.
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Andi Ima Kesuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License