Pengaruh Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII MTs. Mu'allimat NW Pancor

Authors

  • RR. Sri Setyawati Mulianingsih Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Hamzanwadi
  • Zidni Zidni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/fhs.v1i1.578

Keywords:

Model Pembelajaran Pemecahan Masalah, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Pemecahan masalah terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Mu'allimat NW Pancor dengan menguunakan post-test control group design, yang hanya memperhitungkan skor post test.  Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Pemecahan masalah dan variabel terikatnya adalah motivasi berprestasi dan prestasi belajar IPS. Instrumen berupa kuisioner motivasi berprestasi dan  prestasi belajar IPS. Sampel Penelitian berjumlah 30 sebagai kelompok eksperimen dan 30 sebagai kelompok kontrol yang diambil secara acak. Data yang diperoleh dari kuisioner dan tes tersebut selanjutnya ditabulasi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok peserta didik yang mengikuti pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Pemecahan masalah (kelompok eksperimen) dan kelompok peserta didik  yang mengikuti pelajaran IPS tanpa menggunakan konvenional (kelompok kontrol). Setelah uji asumsi analisis ini terpenuhi barulah pengujian dilakukan dengan menggunakan Uji Manova. Hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar kelompok peserta didik yang mengikuti pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Pemecahan masalah (kelompok eksperimen) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok peserta didik  yang mengikuti pelajaran IPS yang menggunakan konvensional atau tanpa model pembelajalaran Pemecahan masalah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajarlan Pemecahan masalah memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap motivasi berprestasi dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII MTs Mu'allimat NW Pancor.

References

Listiyani, Dwi Ari. 2009. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmawi, Zaenal. 2001. Alternatif Assesmen. Jakarta: Depdiknas.

Hassan, Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, Buku I. Bandung: Jurusan Sejarah FP IPS IKIP Bandung.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Sanjaya, Wima. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sardiman, dkk. 2012. Pembelajaran IPS Terpadu Untuk Kelas VIII SMP dan MTS, Solo: PT Tiga Serangkai.

Sardjiyo. 2005. Pembelajaran Berbasis Budaya, Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan, Volume 6 Nomor 2, September 2005.

Sindhunata. 2006. Menggagas Para Digma Baru Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2002. Pengembangan Kurikulum, Teori Dan Praktek. Bandung: PT Karya Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-06-09