Pengaruh Motif Berafiliasi, Komunikasi Interpersonal dan Efikasi Diri Terhadap Motif Berprestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.586Keywords:
Motif, Berafilisi, Komunikasi Interpersonal, Efikasi Diri dan Prestasi.Abstract
Kegiatan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Motif Berafiliasi, Komunikasi interpersonal dan Efikasi Diri terhadap motif berprestasi Mahasiswa Program Studi Sejarah FKIP Unsri. Penelitian ini berbentuk studi pengaruh dengan menggunakan analisis regresi ganda untuk melihat pengaruh antar variabel penelitian. Penelitian dilakukan di Program Studi Sejarah FKIP Unsri tahun 2010 dengan jumlah sampel penelitian 52 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : (1) motif berafiliasi berpengaruh secara signifikan terhadap motif berprestasi mahasiswa, (2) komunikasi interpersonal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motif berprestasi mahasiswa, (3) efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadapat motif berprestasi mahasiswa, dan (4) secara simultan motif berafilaisi, komunikasi interpersonal, efikasi diri berpengaruh terhadap motif berprestasi mahasiswa.
References
Alfiandra. 2004. “Prasangka Rasial dan Bentuk Hubungan dalam Suatu Proses Integrasi antara Masyarakat Jawa dengan Masyarakat Keturunan Cina di Kota Yogyakarta
dan Kota Surakartaâ€. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada.
Atkison, 1958. Motives In Fantasy, Action and Society, New York: Van Mostrand.
Bandura, A. 1991. Self-efficacy Mechanism in Physiological Activation and HealthPromoting Behavior. In J. Madden, IV (Ed.). New York: Raven.
Bandura, A. 1991. Self-regulation of motivation through anticipatory and selfregulatory mechanisms. In R. A. Dienstbier (Ed.), Perspectives on motivation: Nebraska symposium on motivation (Vol. 38, pp. 69-164). Lincoln: University of Nebraska Press.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: Worth Publishers.
Cangara, H. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada
Cofer and Apply, 1964. Motivation: Theory and Research, New York: Willey.
De Vito, J. 1995. The Interpersonal Communication Book. Sevent Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati, 2008. “Hubungan Komunikasi Interpersonal antara Mahasiswa dan Dosen Dengan Prestasi Akademik Mahasisawa Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Skripsi (Tidak Dipublikasikan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Heckhausen, H. 1980. Motivation dan Handlen. Berlin: Springer Verlag.
Hermans H. 1967, Motivation dan Prestitie. Amsterdam: Swezt Zeidlinger.
Hudaidah. 2004. Analisis Motif Berafiliasi dan Berprestasi Pelajar Pribumi dan Keturunan Cina di Kota Palembang. Palembang: Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UNSRI.
Issac, Harold, 1993. Pemuja Terhadap Kelompok Etnis. Identitas Kelompok dan Perubahan Politik. Jakarta: Yayasan Obor.
Kukla, A. 1972. Attributional Determinants of Achievment-Related Behavior, Jurnal Of Personality and Social Psychology No. 21.
Le Vine. 1977. “Child Rearing of Cultural Adaption†dalam Leiderman Rosenfield (ed) Culture. New York: Ang Intancy Academic Press.
Martina, Sri Mulyani. 1984. Motif Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Matsushima, R., & Chiomi, K., 2003. Social Self-Efficacy and Interpersonal Stress in Adolescence. Social Behavior and Personality.
Muhidin dan Somantri. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Mulyana, D. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja
Mulyani, Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kecerdasan Emosi Terhadap Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Pasien di Unit Rawat Inap Rsjd Dr. Amino Gondohutomo Semarang Tahun 2008. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Semarang: Program Pascasarjana Undip.
Murray. 1938. Exploration in Personality. New York: Oxpord Universit Press.
Nasution, Noehi. 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPTK DEPDIKBUD.
Nurdin, Syfruddin. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.
Paulus, Budihardjo. 1997. Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.
Riduan dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, Bandung: Alfhabeta.
Schwarzer, R. (Ed.). 1992. Self-efficacy: Thought Control of Action. Washington:Hemisphere.
Slavin, R. 1997. Educational Psyscology Theory and Practice, Four Edition.
Massachussets: Allyn and Bacon Publisher.
Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia.
Woolfolk, Anita.2004. Educational Psychology. Ohio: Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Hudaidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License