Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarahantara Siswa yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Fish Bowl dengan Siswa yang Belajarkan dengan Model Pembelajaran Buzz Group Pada Kelas XI IPS SMA NW Pancor
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.589Keywords:
Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Fish Bowl, Model Pembelajaran Buzz Group.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran fish bowl dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran buzz group. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan cluster random sampling dengan mengambil dua kelas. Kelas pertama diterapkan model pembelajaran fish bowl dan kelas kedua mengggunakan model pembelajaran buzz group. Instrument yang digunakan adalah lembar angket dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran fish bowl dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran buzz group. Hasil analisis pengujian perbedaan motivasi belajar menghasilkan t hitung sebesar 10,105 yang lebih besar dari t tabel 2,0021. Sedangkan hasil pengujian terhadap perbedaan prestasi belajar menghasilkan t hitung sebesar 6,264 yang lebih besar dari t tabel 2,0021.
References
______. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. R & D. Bandung: Alfabeta.
______. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian Edisi Ke-2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Azhar, M. 1993. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA. Surabaya: Usaha Nasional
Bashor Chaerul. 2005. Organisasi Pusat Sumber Belajar (Buku 1 dan II) Bahan Ajar Magister Pendidikan. Mojokerto: Fajar Obset.
Dimiyati dan Moedjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Dasar- Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Hasan, M. Iqbal. 2003. Pokok-Pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibun dan Moedjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Imam, Muis Sad. 2004. Pendidikan Partisipatif. Yogyakarta: Safiria Insani Press
Nazir, M. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurkancana, Wayan & Sunartana. 1990. Evaluasi Prestasi Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurkencana, S. 1986. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Sinar Baru
Purwanto, 2010. Evaluasi Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Roestiyah, N. K. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto, (2003). Belajar dan Fakktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana dan Sudrajat. 2001. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2008). Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijanto. 2008. Pendididkan Orang Dewasa. Aksara Bumi
Suprijono Agus. 2002. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Karisma Putra Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License