Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Klarifikasi Nilai) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa SMP Islam Terampil Pancor Kopong

Authors

  • B. Fitri Rahmawati Universitas Hamzanwadi
  • Zidni Zidni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.590

Keywords:

VCT (Nilai Memperjelas), Motivasi, Prestasi Siswa di IPS Subjek.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar di IPS subjek sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran VCT. jenis penelitian ini adalah pra eksperimen, ada satu kelas, itu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol, untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti memberikan pre test dan post test, dan non tes dalam bentuk kuesioner. Penelitian dilaksanakan di kelas SMP IT Islam Pancor Kopong VIII pada tahun akademik 2015/2016. Total sampel penelitian ini adalah 18 siswa, variabel penelitian terdiri dari variabel dependen, itu VCT (nilai memperjelas) dan variabel bebas adalah motivasi dan prestasi belajar IPS subjek. Instrumen penelitian ini adalah tes untuk prestasi belajar, jenis tes adalah pilihan ganda, 20 item, dan non tes adalah kuesioner untuk motivasi siswa, 44 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada prestasi perbedaan siswa antara sebelum dan sesudah Model VCT digunakan. Yang dilihat dari rata-rata post test lebih tinggi dari pre test, dan hipotesis dianalisis, itu hipotesis diterima. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model VCT adalah efek motivasi dan prestasi siswa pada siswa tahun kedua SMP IT Islam Pancor Kopong pada tahun akademik 2015/2016.

References

A. Lif Khoiru, A., Sofan. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arnie, Fajar 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Furhan, Arif. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka

Pelajar,Yogyakarta.

Hadi, Tiasto Subroto. 2002. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka

Hill, Winfred. 2009. Theories of Learning Teori-Teori Pembelajaran. Bandung: Nusa Media

Ida Herlina, 2007. Pengembangan Model Pembelajaran VCT PPKn di Sekolah Lanjutan Pertama. (htt://pk.sps.upi.edu/abstrakpk/abstrapk02.html. Diakses 2 juli 2012.

Kartawisastra. 1980. Strategi Klasifikasi Nilai. Jakarta: P3G Depdikbud.

Mawardi Lubis. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. 2006. Psiikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, 2009. Peraktik Peneitian Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwaan, Sunarto. 2010. Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dalam

Mengimplementasikan Konsep Pembelajaran Berbasis KTSP dalam

Pembelajaran IPS Terpadu. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. Volume 1 Nomor 1 Februari 2010.

Downloads

Published

2017-12-14

How to Cite

Rahmawati, B. F., & Zidni, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Klarifikasi Nilai) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa SMP Islam Terampil Pancor Kopong. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 1(2), 139–154. https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.590