Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Klarifikasi Nilai) Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa SMP Islam Terampil Pancor Kopong
DOI:
https://doi.org/10.29408/fhs.v1i2.590Keywords:
VCT (Nilai Memperjelas), Motivasi, Prestasi Siswa di IPS Subjek.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar di IPS subjek sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran VCT. jenis penelitian ini adalah pra eksperimen, ada satu kelas, itu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol, untuk mengumpulkan data penelitian, peneliti memberikan pre test dan post test, dan non tes dalam bentuk kuesioner. Penelitian dilaksanakan di kelas SMP IT Islam Pancor Kopong VIII pada tahun akademik 2015/2016. Total sampel penelitian ini adalah 18 siswa, variabel penelitian terdiri dari variabel dependen, itu VCT (nilai memperjelas) dan variabel bebas adalah motivasi dan prestasi belajar IPS subjek. Instrumen penelitian ini adalah tes untuk prestasi belajar, jenis tes adalah pilihan ganda, 20 item, dan non tes adalah kuesioner untuk motivasi siswa, 44 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada prestasi perbedaan siswa antara sebelum dan sesudah Model VCT digunakan. Yang dilihat dari rata-rata post test lebih tinggi dari pre test, dan hipotesis dianalisis, itu hipotesis diterima. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa menggunakan model VCT adalah efek motivasi dan prestasi siswa pada siswa tahun kedua SMP IT Islam Pancor Kopong pada tahun akademik 2015/2016.
References
A. Lif Khoiru, A., Sofan. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arnie, Fajar 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta
Furhan, Arif. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka
Pelajar,Yogyakarta.
Hadi, Tiasto Subroto. 2002. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka
Hill, Winfred. 2009. Theories of Learning Teori-Teori Pembelajaran. Bandung: Nusa Media
Ida Herlina, 2007. Pengembangan Model Pembelajaran VCT PPKn di Sekolah Lanjutan Pertama. (htt://pk.sps.upi.edu/abstrakpk/abstrapk02.html. Diakses 2 juli 2012.
Kartawisastra. 1980. Strategi Klasifikasi Nilai. Jakarta: P3G Depdikbud.
Mawardi Lubis. 2008. Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, Muhibbin. 2006. Psiikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, 2009. Peraktik Peneitian Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ridwaan, Sunarto. 2010. Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah dalam
Mengimplementasikan Konsep Pembelajaran Berbasis KTSP dalam
Pembelajaran IPS Terpadu. Candi: Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. Volume 1 Nomor 1 Februari 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in Fajar Historia Journal must comply with the following conditions:
- The author retains the copyright and grants the journal first publication rights. The work is licensed simultaneously under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, which allows others to share the work to acknowledge the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can result in a productive exchange and earlier and larger citations of the published work.
Fajar Historia journal provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Fajar Historia journal can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License