Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Model RMS Mata Pelajaran Sejarah

Authors

  • Sigit Sudibyo Universitas Negeri Jakarta
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/fhs.v7i1.7642

Keywords:

history learning, online learning, RMS model

Abstract

The background of writing this article is the lack of understanding of the concepts and cognitive abilities of students in learning history. Social studies subjects at SMA N 102 Jakarta use the RMS learning model. The research method used is descriptive qualitative with a data analysis approach using the Miles and Huberman model. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that online learning using the RMS model in history subjects at SMAN 102 Jakarta is running effectively. In carrying out online learning the teacher uses the Google Classroom application, WhatsApp, and Zoom Meeting. Obstacles to learning to be brave for students, but some students stated that they did not like learning to be brave because some students felt that learning to be brave was not as ideal as face-to-face learning at school (enchanting learning). The assumption, most students think that there are not many drawbacks to using the RMS model for online learning in history classes, and it is easier for students to understand the material provided by the teacher.

Latar belakang penulisan artikel ini adalah kurangnya pemahaman konsep dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran sejarah. Mata pelajaran IPS di SMA N 102 Jakarta menggunakan model pembelajaran RMS. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online menggunakan model RMS pada mata pelajaran sejarah di SMAN 102 Jakarta berjalan efektiv. Dalam pelaksanaan pembelajaran online guru menggunakan aplikasi Google Classroom, WhatsApp, Zoom Meating. Hambatan pembelajaran daring bagi siswa, namun sebagian siswa menyatakan tidak menyukai pembelajaran daring karena sebagian siswa merasa pembelajaran daring tidak seideal pembelajaran tatap muka di sekolah (pembelajaran luring). Singkatnya, sebagian besar siswa berpendapat bahwa tidak banyak kekurangan dalam menggunakan model RMS untuk pembelajaran online di kelas sejarah, dan lebih mudah bagi siswa untuk memahami materi yang diberikan oleh guru.

References

Abdurrahman Fathoni. (2014). Metode Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Rineka Cipta.

Sardiman, S. (2017). Reformulasi Pembelajaran Sejarah: Sebuah Tantangan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 13(1), 12-20. https://doi.org/10.21831/istoria.v13i1.17610.

Bambang A.S. (2014). Perbedaan Model dan Teori dalam Ilmu Komunikasi. Humaniora, 5(9), 1153–1160.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh Model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Pokok Bahasan Impuls Dan Momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.128.

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. LawArXiv Papers, 1–7. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs.

John, C. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed) (Revisi). Pustaka Pelajar.

Jumardi, & Pradita, S. M. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 70. https://doi.org/10.21009/jps.062.08.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Mardeni, P. R., Azmi, J., & Linda, R. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 8. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1285

Miles, B. M., & Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI Press.

Muhlisi, A., & Mujati, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran RMS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMPN 11 Magelang. In Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi (Vol. 1, No. 1, pp. 19-25). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/179

Muhlisin, A. (2018). Analysis of students’ response of the implementation of rms (reading, mind mapping, and sharing)learning model in philosophy of science. Unnes Science Education Journal, 7(1), 13–18. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/21397.

Muhlisin, A., Siswanto, S., Singgih, S., & ... (2020). Integration PBL with RMS: Improving problem solving skills on environmental education. Biosfer: Jurnal …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/16275.

Ningsih, W. C., & Marli, S. (2012). Pengaruh Sistem Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemerolehan Belajar IPS Kelas V SDN 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 1(1), 1–14. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v1i1.451.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Permana, N., Nuriah, T., & Umasih. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri I Muara Bungo/Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 30. https://doi.org/10.21009/jps.062.04.

Permatasari, A. I. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep. Pendidikan Guru Seolah Dasar.

Qolbi, S. K., Sabarudin, S., Kholilurrohman, K., & ... (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2137.

Nabila, N. A. (2020). Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–10.

Rifriyanti, E. (2019). Variasi Metode Pembelaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTS Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5146.

Saefuddin, H. A. (2014). Pembelajaran Efektif. PT Remaja Rosdakarya.

Santosa, Y. B. P., & Hidayat, F. (2020). Variabilitas Penggunaan Model Pembelajaran Pada Kegiatan Pembelajaran Sejarah Peminatan Kelas X IPS Di Kota Depok. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(2). https://doi.org/10.31540/sindang.v2i1.289.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kualitatif, Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Influence of RMS model (reading, mind mapping, and sharing) on student learning outcomes in school laboratory course. Journal of Physics: Conference …. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032024.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sudibyo, S., & Kurniawati, K. (2023). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Model RMS Mata Pelajaran Sejarah. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 7(1), 50–63. https://doi.org/10.29408/fhs.v7i1.7642