RANCANG BANGUN SYSTEM KOMPUTERISASI PENGUATAN PELAYANAN KELOMPOK PENYELENGGARA SANITASI PENYEDIA AIR MINUM (KPSPAM “DJ-MENTENG”) DESA PENDEM KEC. JANAPRIA

Authors

  • Hamzan Ahmadi Universitas Hamzanwadi
  • Martua Hamonangan Nasution Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1427

Keywords:

Pamsimas, Air Bersih, KPSPAM, Web

Abstract

Abstrak

Dusun Jelitong merupakan salah satu dusun di Desa Pendem Kec. Janapria Kab. Lombok Tengah yang mendapat bantuan program Penyedia Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) ditahun 2017, dengan memanfaatkan mata air yang ada, kemudian dilakukan penampungan yang kemudian sejak Januari 2018 mulai beroprasi dengan menyambungkan watermater langsung ke rumah-rumah penduduk. Petugas yang melakukan pemeliharaan, pengoperasian, pengontrolan disebut Kelompok Penyelenggara Sanitasi Penyedia Air Minum (KPSPAM) “DJ-Mentengâ€, petugas sangat sulit dalam melalukan pengitungan dan pengolahan data dalam merekap dan pelaporan keuangan yang berimbar pada pelayanan  masyarakat atau pelanggan yang menggunakan air. Masyarakat sering mengeluh dikarenakan sistem pembayaran yang masih manual, proses yang lambat dan tidak akurat yang bisa mengakibatkan kesalah pahaman antara petugas dengan pelanggan. Penerapan teknoligi informasi diharpkan mampu memberikan solusi yang tepat dalam memberikan pelayanan yang maksimum, dengan alasan inilah penelitian dilakukan untuk melakukan pengumpulan atau pencatatan data pelanggan dan watermeter yang akan diolah oleh komputer dengan menggunaka bahasa pemrograman web yang bisa menyimpan data jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk dipertanggungjawabkan oleh petugas KPSPAM.

Kata Kunci : Pamsimas, Air Bersih, KPSPAM, Web

Abstract

Jelitong Hamlet is one of the hamlets in Pendem Village, Janapria Subdistrict, Central Lombok Regency who received assistance from the Community Based Water and Sanitation Provider (PAMSIMAS) program in 2017, by utilizing existing springs, then a shelter is carried out which then from January 2018 begins operating by connecting the water mater directly to people's homes. Officers who carry out maintenance, operation, control are called the Sanitation Provider Drinking Water Provider Group (KPSPAM) "DJ-Menteng", officers are very difficult in carrying out calculations and processing data in recapitulation and financial reporting that leads to community services or customers who use water. People often complain that the payment system is still manual, the process is slow and inaccurate which can lead to misunderstandings between officers and customers. The application of information technology is expected to be able to provide the right solution in providing maximum service, for this reason research is conducted to collect or record customer data and water meters that will be processed by computers using a web programming language that can store data if needed at any time to account by KPSPAM officers.

DOI : 10.29408/jit.v2i2.1427

References

Margareta Nawang, Laela Kurniawati, Dudi Duta, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN BARANG BERBASIS DEKSTOP DENGAN MODEL WATERFALL†PILAR Nusa Mandiri Vol. 13, No. 2 September 2017

Menurut Abdul Rahman, Romi Talanipa dan Rini Sriyani, “Evaluasi Pelayanan Air Bersih di Kecamatan PUUwatu dengan Metode IPA(Infortance Perfformance Analysis), STABIITA Vol.7 No.1, 2019.

Downloads

Published

29-07-2019

How to Cite

Ahmadi, H., & Nasution, M. H. (2019). RANCANG BANGUN SYSTEM KOMPUTERISASI PENGUATAN PELAYANAN KELOMPOK PENYELENGGARA SANITASI PENYEDIA AIR MINUM (KPSPAM “DJ-MENTENG”) DESA PENDEM KEC. JANAPRIA. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 2(2), 119–126. https://doi.org/10.29408/jit.v2i2.1427

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.