Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Berbasis Flash Pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (Studi Kasus : Kelompok Belajar Tarbiyatul Ummah Tanak Kaken Sakra Barat)
DOI:
https://doi.org/10.29408/jit.v3i2.2389Keywords:
Media pembelajaran, Media interaktif, Teknologi, Adobe FlashAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mempermudah guru dalam penyampaian materi kepada siswa dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan serta sebagai media untuk meningkatkan minat belajar dan kesenangan dalam proses belajar. Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar, namun kenyataan didunia pendidikan media pembelajaran sering diabaikan dengan alasan terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar dan sulit mencari media yang tepat. Di Kelompok Belajar Tarbiyatul Ummah Tanak Kaken menggunakan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional dengan menggunakan buku, papan tulis dan alat peraga lainnya sebagai alat belajar siswa, media pembelajaran ini masih kurang menarik bagi siswa terutama dalam pelajaran pengenalan huruf-huruf abjad. Sekarang ini anak-anak lebih cenderung suka belajar menggunakan media yang berhungan dengan teknologi terutama anak-anak usia dini, dikarenakan lebih cepat menyerap pelajaran dari gambar-gambar menarik yang mendidik dan sesuai dengan usianya. Peneliti membuat media pembelajaran interaktif berbasis Flash untuk lebih mudah mengenalkan huruf kepada siswa pendidikan anak usia dini pada Kelompok Belajar Tarbiyatul Ummah. Media pembelajaran ini dimulai dari proses analisis kebutuhan yang akan digunakan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif dan membuat konsep atau perancangan sesuai dengan hasil analisis.
DOI : 10.29408/jit.v3i2.2389
References
Y. K. Wirasasmita, Rasyid Hardi; Putra, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA STUDIO DAN MACROMEDIA FLASH,†EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 35–43, 2017.
L. M. S. Aris Sudianto, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa,†Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 53–60, 2019.
B. H. Hariman Bahtiar, Muhamad Wasil, “Digitalisasi Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid berbasis mobile sebagai media pembelajaran interaktif untuk pelestarian peninggalan pendiri Nahdlatul Wathan,†Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2019.
B. Zaini and M. P. Saputri, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD SAHABAT,†PINTER J. Pendidik. Tek. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 2, pp. 90–100, 2017, doi: 10.21009/pinter.1.2.2.
I. Nofikasari et al., INDUKSI TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PAUD AISIYAH AL-, no. September. 2019.
I. Diah, S. Nita, D. T. Informatika, F. Teknik, and U. P. Madiun, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,†vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018.
G. Mussardo, “Definisi Multimedia dan Unsur Multimedia,†Stat. F. Theor, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
E. F. Fahyuni, “Inovasi Model Pembelajaran,†p. 16, 2016.
and A. R. Sudjana, Nana, “‘Media Pengajaran (Penggunaan & Pembuatannya).’†Sinar Baru Aglesindo, Bandung, 2011.
A. and Munir, “Media Pembelajaran Interaktif,†vol. 13, no. 128, p. 234, 2011.
Daryanto, Media Pembelajaran. Bandung: PT S a r a n a Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.
S. H. and M. lalu Samsu, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa,†FLEPS 2019 - IEEE Int. Conf. Flex. Printable Sensors Syst. Proc., vol. 6, no. 1, pp. 1–46, 2019, doi: 10.1016/j.surfcoat.2019.125084.
I. Mustaqim and E. Prianto, “Modul Pelatihan Media Pembelajaran Adobe Flash,†Fak. Tek. Univ. Negeri Yogyakarta, no. April, pp. 1–45, 2015.
Sugiyono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. ALFABETA, 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Jurnal Infotek memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Infotek ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya sesuai dengan lisense creative commons yang digunakan.Jurnal Infotek is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Statistik Pengunjung