Pengembangan Model Pembelajaran Student Oriented dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Authors

  • Syahrial Ayub Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram
  • Gusti Afifah SMA Negeri 2 Mataram, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mataram
  • I Wayan Gunada Program Studi Pendidikan Fisika, PMIPA, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2621

Keywords:

Pengembangan, Model Pembelajaran Student Oriented, Kemampuan Pemecahan Masalah,

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran model student oriented yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD dan alat evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM). Penelitian ini menggunakan jenis research and development dengan desain penelitian 4D model yaitu Define, Design, Develop, dan Desseminate. Pada tahap Define dilakukan analisis kurikulum, analisis kemampuan peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan pembuatan produk, validasi ahli produk, revisi produk, ujicoba alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah, sedangkan pada tahap Desseminate belum dilakukan penyebarluasan produk dengan alasan masih dalam pandemi COVID 19. Uji coba dilakukan pada sampel penelitian (30 peserta didik) kelas XI MIPA4 SMA Negeri 2 Mataram  yang dilakukan secara on line. Hasil analisis validator ahli terhadap perangkat pembelajaran model student oriented didapatkan hasil valid. Uji Reliabilitas dan validitas terhadap instrumen evaluasi kemampuan pemecahan masalah (KPM) didapatkan hasil reliabel dan valid. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran dan alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah layak untuk diterapkan pada pembelajaran di kelas.

DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2621

References

Abidin,Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adiatama

Borich, G., D., (1994). Obsevation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Hamidah, Gunawan, & Muhammad Taufik. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(1), 27-34.

Haris Munandar, Sutrio, & Muhammad Taufik. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar fisika Siswa SMA N 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan teknologi, 4(1). 36-44.

Hairunnisyah Sahidu, Gunawan, Indriaturrahmi, & Fitri Astutik. (2017). Desain Sistem E-Assessment pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 65-74.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press.

Klinger. Walter. (1997). Survei Metode Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Erziehungswiss, Fakultat der Universtat, Erlangen-Nurnbe.

Mulya, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Reasoning and Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. S1 Skripsi. Universitas Mataram.

Ratumanan, G., T. & Laurens, T., (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya : UNESA University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrial A. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram

Sujarwanto, E., Hidayat, A., Wartono, W. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalahg Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 20(1), 65-75

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles