Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Optik Saat Proses Pembelajaran Dengan CCM-CCA Berbantuan Eksperimen Virtual

Muh Makhrus, Syahrial Ayub, Wahyudi Wahyudi, NNSP Verawati, Ahmad Busyairi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada saat proses pembelajaran dengan CCM-CCA berbantuan virtual experiment. Materi yang dijadikan penelitian adalah Optik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di NTB. Kemampuan berpikir kritis pada saat proses pembelajaran dilatih dengan lembar kerja mahasiswa (LKM) yang dilengkapi instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari kategori rendah dengan skor rata-rata 38 menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 75. Fakta ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan CCM-CCA berbantuan virtual experiment mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi Optik.

 

DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2632


Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis, CCM-CCA, Virtual Experiment, Optik

Full Text:

PDF

References


Dwijananti, P. dan Yulianti, D. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 6, pp. 108–114.

Firdaus, M. dan Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik (Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students). Jurnal PIJAR MIPA. Vol. 4 No. 1, pp. 26–40.

Fiscarelli, M. H. S., Bizelli, S., dan Fiscarelli, P. E. (2013). International Journal of Learning Interactive Simulations to Physics Teaching: A Case Study in Brazilian. Int. J. Learn. Teach. Vol. 5 No. 1, pp. 18–23.

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., dan Gunada, I. W. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknoogi. Vol. 4 No. 2, pp. 151–157.

Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknoogi. Vol. 4 No. 2, pp. 62–76.

Makhrus, M., Widodo, W., dan Agustini, R. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran CCM-CCA untuk Memfasilitasi Perubahan Konsep Gaya Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknoogi. Vol. 4 No. 2, pp. 253.

Pradana, S. D., Parno, dan Handayanto, S.K. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Optik Geometri Untuk Mahasiswa Fisika. Jurnal Peneliti dan Evaluasi Pendidik.. Vol. 21 No. 1, pp. 51–64.

Santi, N., Soendjoto, M. A., dan Winarti, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi melalui Penyelesaian Masalah Lingkungan. BIOEDUKASI Jurnal Pendidik Biologi. Vol. 11 No. 1, pp. 35–39.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., dan Purnomo, T. (2017). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Phet untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Science Education Practice. Vol. 1 No. 1, pp. 20–31.

Simbolon, D. H. dan Sahyar. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 21 No. 3, pp. 299–316.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats