Pengaruh Penguasaan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak

Authors

  • Tsamarul Hizbi (Scopus ID: 57217987363, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi
  • Badrul Wajdi Universitas Hamzanwadi
  • Fartina Fartina Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2971

Keywords:

Penguasaan Turunan, integral dan Kinematika gerak

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan turunan dan integral terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA pada materi kinematika gerak, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah NW Kotaraja yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode ex post facto, dengan tidak memberikan treatment tetapi langsung mengadakan evaluasi terkait kemampuan siswa pada materi kinematika gerak dan juga kemampuan siswa terkait kemampuan turunan dan integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa  Freg-hitung = 4,282 dan Freg-tabel = 4,130 (Freg-hitung > Freg-tabel), maka kesimpulan penelitian ini adalah penguasan turunan dan integral berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan kinematika gerak.


DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2971

Author Biography

Tsamarul Hizbi, (Scopus ID: 57217987363, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi

References

Poewardarminta, 1984. Kamus IJmum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Graha Raja Grafindo.

Wirodikmoro, Sartono. 2004. Matematika Jilid 4 Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles