Pengaruh Penguasaan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak

Tsamarul Hizbi, Badrul Wajdi, Fartina Fartina

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan turunan dan integral terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA pada materi kinematika gerak, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah NW Kotaraja yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode ex post facto, dengan tidak memberikan treatment tetapi langsung mengadakan evaluasi terkait kemampuan siswa pada materi kinematika gerak dan juga kemampuan siswa terkait kemampuan turunan dan integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa  Freg-hitung = 4,282 dan Freg-tabel = 4,130 (Freg-hitung > Freg-tabel), maka kesimpulan penelitian ini adalah penguasan turunan dan integral berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan kinematika gerak.


DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2971


Keywords


Penguasaan Turunan, integral dan Kinematika gerak

Full Text:

PDF

References


Poewardarminta, 1984. Kamus IJmum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Graha Raja Grafindo.

Wirodikmoro, Sartono. 2004. Matematika Jilid 4 Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kappa Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Kappa Journal by http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View my stats