IDEOLOGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUMI KARYA TERE LIYE (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Authors

  • Risa Febiola Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Muhlis Fajar Wicaksana Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Titik Sudiatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.20592

Abstract

Penelitian ini menggunakan analisis psikologi sastra untuk mendeskripsikan ideologi pendidikan karakter dalam novel Bumi karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Novel Bumi karya Tere Liye menjadi sumber data penelitian ini. Informasi dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan novel yang berkaitan dengan gagasan novel tentang pendidikan karakter. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Miles dan Huberman, yang terdiri dari empat tahap: a) pengumpulan data, b) reduksi data, c) penyajian data, dan d) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Temuan dari penelitian ini mencakup 14 data yang sejalan dengan filosofi pendidikan karakter, antara lain: 1) mengenal emosi diri, 2) kesadaran akan emosi orang lain, 3) mengelola emosi, 4) pengembangan hubungan interpersonal yang positif, 5) cinta kasih, 6) kepedulian, 7) persahabatan yang penuh pengabdian, 8) tidak mementingkan diri sendiri, 9) gotong royong, 10) moral, 11) pengharapan, 12) kejujuran, 13) kegelisahan, dan 14) penderitaan.

Author Biographies

Muhlis Fajar Wicaksana, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Titik Sudiatmi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Andri, L., Martini, R., Diponegoro, U., Umam, K., & Diponegoro, U. (2023). Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Cerpen Kabut di Teras Senja Karya Sutini. June. https://doi.org/10.14710/wjsbb.2023.17217

Ardiansyah, D., Munirah, M., & Agussajim Aj, A. (2021). Etika Bugis dalam Novel Sajak Rindu Lontara Cinta dari Sidenreng dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 589. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3825

Dilah, G., & Zahro’, A. (2021). Kecerdasan Emosional Tokoh Perempuan Muslimah dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.89

Ginting, H. (2022). Fungsi dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Olop-Olop Bolon pada Masyarakat Beragama Malim di Pelabuhan Ajibata , Parapat. 1(2), 103–112.

Handayani, C. S,. Sudiatmi, T., Suparmin, S. (2022). Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya Karya Rusdi Mathari (Analisis Psikologi Sastra). SASTRANESIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 180-193

Helmalia, E. V., Wulansari, Y. N., Maulidha, W., & Damariswara, R. (2023). ANALISIS PERBANDINGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANTARA. 7(1), 57–66.

King, T. H. E., & Monarch, E. (2022). Sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel the king eternal monarch 1. 1(2).

Luthfiyah, I., & Pangesti, R. (2022). NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.

Morina, L., Nasution, W., & Kustina, R. (2022). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel “Pulang Pergi” Karya Tere Liye Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/798%0Ahttps://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/798/434

Ni'mah, M., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2022). Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Utama dalam Novel Antara Fajar Dan Senja Karya Sweetchita. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2 (1). 1097-1116.

Riskiyah, F., & Setiawati, E. (2022). ANALISIS KONTRIBUSI PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SI ANAK PEMBERANI. 6(2).

Randa, O., & Adek, M. (2023). PENDERITAAN DALAM NOVEL TIBA SEBELUM BERANGKAT KARYA FAISAL ODDANG THE SUFFERING IN FAISAL ODDANG ’ S TIBA SEBELUM BERANGKAT Universitas Negeri Padang * Corresponding Author . Email : oscarranda30@gmail.com PENDAHULUAN Karya sastra memiliki peranan pentin. 2(1), 1–9.

Riskiyah, F., & Setiawati, E. (2022). ANALISIS KONTRIBUSI PEREMPUAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL SI ANAK PEMBERANI. 6(2).

Rohman, M. R. (2020). Nilai Moral Dalam Novel “Ibuk.” 29(9), 1890–1896.

Susetyo. (2019). PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, Universitas PGRI Yogyakarta INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Setya Handayani, C., & Sudiatmi, T. (2022). Education Of The Character Of The Main Characters In The Novel Merasa Pintar. Analysis Of Literature Psychology, 6(1), 1–10. http://doi.org/10.21009/AKSIS

Sulistiyo, D., Barat, T., Djokosuyatno, A., Barat, T., Syamsudin, O. R., & Barat, T. (2022). Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Benturan Ideologis dalam Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dilakukan oleh Eka Putri Febrianawati ( 2019 ) yang meneliti tentang ideologi Salah s. 5(1), 66–79.

Susiati, Tenriawali, A. Y., Mukadar, S., Nacikit, J., & Nursin, D. (2020). , A. Yusdianti Tenriawali. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(3), 176–183.

Uri, M. S., & Kendari, K. (2022). NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL MENGEJAR CINTA. 7(4).

Yulianti, S. (2023). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Dear Nathan : Hello Salma Karya Erisca Febriani Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel. 2(1).

Zulfahita. Z. (2019). Aktivitas Piskis Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari. Cakrawala Lingusta, 1(2), 68. https://doi.org/10.26737/cling.vli.875

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Febiola, R., Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2023). IDEOLOGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUMI KARYA TERE LIYE (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 337–352. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i2.20592