SOCIAL INJUSTICE IN A NOVEL ANAK GEMBALA YANG TERTIDUR PANJANG DI AKHIR ZAMAN KARYA A. MUSTAFA

Authors

  • Eris Septiani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3853

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan ketidakadilan sosial yang terdapat dalam novel Anak Gembala Yang Tertidur Panjang Di Akhir Zaman Karya A. Mustafa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mendeskripsikan data-data berupa ketidakadikan sosial dalam novel Anak Gembala Yang Tertidur Panjang Di Akhir Zaman Karya A. Mustafa, kemudian disusul dengan analisis data. Dalam hal ini, data dalam penelitian ini berupa kata-kata tertulis bukan berpa angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatakan sosiologi sastra di mana pendekatan sosiologi sastra itu sendiri mempermasalahkan karya sastra itu sendiri. Adapun teknik pengumpulan daya dengan pembacaan, pencatatan, serta analisis paragraf berupa kata, frasa dan kalimat di dalam novel. Penelitian ini menunjukkan bahwa novel Anak Gembala Yang Tertidur Panjang Di Akhir Zaman Karya A. Mustafa telah menggambarkan segala unsur ketidakadilan sosial pada kelompok tertentu dalam tinjauan sosiologi sastra. Hasil dari penelitian ini berupa; Strereotip, Marginalisasi, Subordinasi, Dominasi, dan Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Keywords: Ketidakadilan, Sosial, Sosiologi Sastra, A.Mustafa

References

Ardiono, Dkk. (2019). Ketidakadilan Sosial Dalam Novel Pulang Karya Leila S. Chudori (Tinjauan Sosiologi Sastra). dalam Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), Vol. 4 No.1, Edisi Maret.

Bhasin, Kamla. (2002). Memahami Gender. Jakarta: Teplok Press.

Budiharjo, Kadarwati. 2003. Metodologi dan Metode Penelitian Eksperimental. Yogyakarta: Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V.

Fakih, Mansour. (2008) . Masyarakat Sipil untuk Trnasformasi Sosial, Pergolongan Ideologi LSM di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Faruk. (1994). Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imron, Al-Mustafa, Ali. (2010). Dimensi Sosial Keagamaan dalam Fiksi Indonesia Modern. Surakarta: Smart Media.

Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mufid, Muhamad. (2012). Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Murniati, Nunuk P. (2004). Getar Gender. Magelang: Indonesia Terra.

Mustafa, A. (2019). Anak Gembala Yang Tertidur Panjang Di Akhir Zaman. Yogyakarta: Shira Media.

Nurchalis, Ziyat. (2021). Ketidakadilan Sosial Dalam Drama Az-Za’im Karya Musthafa Mahmud (Tinjauan Sosiologi Sastra), dalam Jurnal Volume 1, Januari. h. 50

Nyoman Kutha Ratna. (2003). Paradigma Sosiologi Sastra. Denpasar: Pustaka Pelajar.

Putri, Uun Kunriawati. (2019). Hegemoni Kekuasaan dalam Novel The Half Mask Karya Deasylawatlp Kajian: Sosiologi Sastra. dalam Jurnal Prosiding Senasbasa, Vol. 3. No. 2.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Andi. (2018). Tumpuan Keadilan Rawls. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Tjahjono, Devy Qurrotu Ainy dan Tengsoe. (2012). Strukturalisme Genetik Dalam Novel Anak Gembala Yang Tertidur Di Akhir Zaman Karya A. Mustafa. dalam jurnal Volume 01 Nomor 01.

Wahab, Abdul Jamil. (2014). Manajemen Konflik Keagamaan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wicaksono, Andri. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandung: Garudawacha.

Wiyatmi. (2005). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publishing.

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Septiani, E. (2021). SOCIAL INJUSTICE IN A NOVEL ANAK GEMBALA YANG TERTIDUR PANJANG DI AKHIR ZAMAN KARYA A. MUSTAFA. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 120–136. https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3853