THE IMPLEMENTATION OF " SIRKUS POHON" BY ANDRE HIRATA ON INDONESIA LANGUAGE LEARNING TO STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL
DOI:
https://doi.org/10.29408/sbs.v5i1.4722Abstract
Penelitian dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral serta implementasi pembelajaran di SMA pada novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan didaktis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kajian isi dengan alat pengumpul data berupa studi dokumenter. Hasil penelitian ini nilai moral dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata berkaitan dengan diri sendiri, sesama manusia dan Tuhan. Nilai moral moral berhubungan dengan diri sendiri yaitu jujur, kerja keras, pantang menyerah, rendah hati. Nilai moral yang berhubungan dengan sesama manusia yaitu suka menolong dan cinta kasih. Dan nilai moral yang berhubungan dengan Tuhan yaitu bersyukur yang tergambarkan dari tingkah laku tokoh-tokohnya dalam kehidupannya sehari-hari. Sedangkan Implementasi nilai moral dalam novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA relevan dengan Kurikulum 2013 di kelas XII. Implementasi pembelajaran tersebut didasari dengan adanya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang mencantumkan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran sastra. Nilai moral sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah dirancang dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran maupun Silabus
Kata Kunci: NIlai moral, Novel, Andre Hirata, Kurikulum 2013
References
Aan Komariah dan Djam'an Satori. (2009). Metodologi penelitian. Bandung: Alfabeta.
A. Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian. Gabungan. Jakarta :
prenadamedia group
Elfindri dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi untuk. Pendidikan dan Profesional.
Jakarta: Baduose Media Jakarta.
Ermanto, dkk. (2014). “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya
Ahmad Fuadi : Tinjauan Sosiologi Sastra”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 2(3), 92-107.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta. :Graha Ilmu.
|SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |Vol.5, No.1, Mei 2022| 23
Kusnoto, Y. (2018). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Sosial Horizon:
Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 247-256.
Lizawati, L., & Uli, I. (2019). Implementasi Nilai Edukatif Cerita Rakyat Dari Kalimantan Barat 2
Karya Syahzaman Dalam Relevansi Terhadap Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra. Jurnal
Pendidikan Bahasa, 8(1), 92-109.
Fuady, Waluyo, & Saputra. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Menulis Teks
Cerita Pendek. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume
Nomor 2, Oktober 2016, ISSN I2302-6405
Lizawati, L., & Uli, I. (2019). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Sastra Nusantara
Berbasis Pendidikan Karakter Tanggung Jawab. Jurnal SeBaSa, 2(1), 25-30.
Luthfiyanti, Maria, & Amalia. (2020). Implikatur Percakapan Dalam Novel Sirkus Pohon Karya
Andrea Hirata Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.
LOCANA: Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PS-PBSI JPBS FKIP ULM Volume 3, Nomor 2,
(13-22)
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Permatasari, D. (2016). “Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP” Jurnal Konseling Indonesia. 1(2), 83.
Payuyasa, I Nyoman. (2019). Gaya Bahasa Personifikasi Dalam Novel Sirkus Pohon Karya Andrea
Hirata. PRABANGKARA. Jurnal Seni Rupa dan Desain Volume 23 Nomor 2, Desember 2019.
Septika, Dilla Via. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata
dan Implikasi Pembelajaran. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya): Universitas
Lampung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suyitno, Andayani, & Azis. (2019). Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata Sebagai Materi Ajar
Sastra SMP: Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter.BASASTRA. Jurnal Bahasa,
Sastra, dan Pengajarannya. Volume 7 Nomor 2, Oktober 2019.