TEACHER'S RHETHORIC IN LEARNING REVIEWED FROM VARIETY OF SPEECH IN MTs MUALLIMAT NWDI

Authors

  • Nayum - Nayum Pascasarjana Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Rismarini Nursaly Pascasarjana Universitas Hamzanwadi
  • Padlurrohman Padlurrohman Pascasarjana Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v5i1.5532

Abstract

Fenomena proses pembelajaran di sekolah menunjukkan bahwa cukup banyak guru yang kurang mampu menggunakan retorika dengan baik dan efektif. Bahkan, guru cenderung tidak menyadari pentingnya retorika. Bahkan, tidak sedikit guru hanya menyampaikan maksudnya tanpa mengetahui apakah peserta didik telah paham atau tidak. Berangkat dari persoalan itu maka tujuan penelitian ini untuk menunjukkan bahwa guru dapat menggunakan pola dan pengorganisasian retorika yang berbeda dalam tuturan dengan peserta didik. Kemampuan guru dalam menghadapi peserta didik juga dapat dipengaruhi oleh tempat dan situasi yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif qualitatif. Penelitian ini difokuskan pada tuturan guru yang dilakukan selama melakukan interaksi dengan siswa di dalam kelas. Untuk menjawab pertanyaan yang mendasar tentang bagaimana pola tuturan, prinsip tuturan dan teknik pengembangan tuturan guru dengan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas. metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, recording (rekaman) dan wawancara. Teori yang digunakan ialah teorinya Mahsun (2005 : 234) yang berbunyi bahwa teknik dari pengumpulan data dilakukan dengan tujuan agar teknik satu dengan teknik yang lain dapat saling melengkapi, setidaknya ada tiga jenis teknik pengumpulan data yang bisa dilakukan dalam penelitian sosiolingusitik dan tidak jauh beda dengan penelitian sosial. Hasil analisis diharapkan dapat menunjukkan penataan tuturan dan retorika berkomunikasi dalam pembelajaran di dalam kelas agar tercipta suasana yang harmonis, informatif dan edukatif bagi siswa agar tercapai tujuan pelajaran.

Kata Kunci: Retorika, pembelajaran, tuturan

Author Biography

Nayum - Nayum, Pascasarjana Universitas Hamzanwadi

Mahasiswa Pascasarjana

References

Asmawati. 2007. Pidato Peserta Lomba pada Dies Natalis ke-I Undiksha Ditinjau dari Sudut Penerapan

Retorika. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Arsjad, Maidar G. dan Mukti U.S. 1993. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta :

Erlangga.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (memilih di antara Lima Pendekatan),

Cetakan 1. Edisi ke 3. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Dhanik, Sulistyarini, S.Sos., Mc., & Dr. Anna Gustina Zainal, M. S. (2018). Buku Ajar Retorika. Banten.

In CV. AA. Rizky.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka : Cipta.

Hazmi, Nahdatul. 2019. Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (jurnal of Education and

Instruction) Vol.2. e-ISSN : 2614-8617. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734 .

Handayani, Dedeh Sry. 2018. “Retorika Seni Berbicara”. Edisi terjemahan W.Rhys Roberts. Yogyakarta.

Basabasi.

|SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |Vol.5, No.1, Mei 2022| 33

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______________, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardana, I Wayan. 2009. “Retorika Ragam Tutur Dalang Nardayana, Pertunjukan Wayang Kulit Cenk

Blonk (Kajian pada Lakon Kumbakarna Lina). Penelitian (tidak diterbitkan). Denpasar : Institut

Seni Indonesia.

Milles, Mattew B. dan Huberman, A.Michael. 1992. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep

Rohendi Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia.

___________________________. 2014. Qualitatif data analysis : a methods sourcebook. Third

edition. Printed in the United Stated of America.

Martha, I Nengah. 2008. Retorika dan Penggunaanya dalam berbagai Bidang. Singaraja. Universitas

Pendidikan Ganesha. (jurnal)

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahsun, MS. 2012. Metode Penelitian Bahasa : Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya (edisi revisi-6). Jakarta.

Rajawali Press.

Muhammad. 2011. Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta. Referensi (GP Press Group)

Downloads

Published

2022-05-13

How to Cite

Nayum, N. .-., Nursaly, B. R., & Padlurrohman, P. (2022). TEACHER’S RHETHORIC IN LEARNING REVIEWED FROM VARIETY OF SPEECH IN MTs MUALLIMAT NWDI. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–33. https://doi.org/10.29408/sbs.v5i1.5532