Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for TAMUMATRA: Jurnal Seni Pertunjukkan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

  1. Jurnal TAMUMATRA menerima artikel hasil penelitian atau kajian analitis kritis (invited authors) dalam bidang Pendidikan dan pertunjukan Seni Drama, Tari, dan Musik yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Arialfont size 11, menggunakan kertas A4 dengan batas atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 3 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal TAMUMATRA di http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sdrts
  3. Semua penulis artikel harus mendaftar dan mencamtumkan diri sebagai "authors' pada proses submit artikel.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.
  5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Pembahasan, Simpulan,dan  Daftar Pustaka.
  6. Judul Artikel tidak lebih dari 18 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Arial dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold), dan Capitalize Each Word.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Arial dengan ukuran huruf 12 pt, dan ditulis tebal (bold). Sedangkan email yang dicantumkan hanya email penulis korespondensi.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-5 kata atau frasa Kata Kunci, menggunakan Arial  dengan ukuran huruf 10 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 150-200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  9. PENDAHULUAN (Font Arial 11, Bold, Align Text Left). Pendahuluan berisikan latar belakang permasalahan yang disertai dengan argumentasi tentang urgensi dan rasionalisasi penelitian. Pendahuluan juga berisi tujuan penelitian dan teori. Bagian ini memiliki presentasi 10-20% dari total kata. Bagian ini ditulis dengan menggunakan font Arial 11, spasi 1, justify.
  10. METODE PENELITIAN. Bagian ini berisikan jenis penelitian, data dan sumber data, langkah kerja/analisis data. Ditulis menggunakan font Arial 11, spasi 1, justify.
  11. HASIL DAN PEMBAHASAN. Berisikan penyajian hasil penelitian yang memaparkan hasil pengolahan data, interpretasi secara logis. Bila memungkinkan dapat dilengkapi dengan tabel/gambar/grafik/bagan. Ditulis menggunakan font Arial 11, spasi 1, justify.
  12. SIMPULAN. Simpulan berisikan rangkuman singkat atas hasul penelitian dan pembahasan yang telah dilakuan. Ditulis menggunakan font Arial 11, spasi 1, justify.
  13. DAFTAR PUSTAKA. Menggunakan standar penulisan APA Style (disarankan menggunakan references manager). Artikel wajib merujuk merujuk 3-10 jurnal. Ditulis menggunakan font Arial 11, spasi 1, justify.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Tamumatra: Jurnal Seni Pertunjukkan.
  3. Referensi yang digunakan minimal 60% artikel pada jurnal.
  4. Pengutipan dan penulisan referensi sudah dikelola menggunakan Reference Manager.
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Tamumatra: Jurnal Seni Pertunjukkan.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.
 

Copyright Notice

Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggungjawab penuh penulis. TAMUMATRA: Jurnal Seni Pertunjukkan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. TAMUMATRA: Jurnal Seni Pertunjukkan dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan diberikan kepada pihak lain