Maracas, Alat Musik Untuk Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini

Authors

  • Sandy Ramdhani Universitas Hamzanwadi
  • Suhirman Suhirman UNiversitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi
  • MUhammad Husni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v2i2.2290

Keywords:

marakas, anak usia dini, music, perkembangan seni

Abstract

Musik merupakan salah satu kebutuhan dalam perkembangan anak salah satunya adalah seni music. Seni music menjadi sebuah kegiatan pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan seni anak. Salah satu alat music yang digunakan adalah maracas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan alat music marakas dalam mengembangkan kemampuan seni anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dengan Teknik pengumpulan data adalah observasi. Sampel yang digunakan adaalah anak usia 4-6 tahun. Teknik analisis data menggunakan tringaluasi data. Hasil yang didapatkan adalah music marakas dapat meningkatkan kemampuan seni anak terutama seni musiknya. Anak dengan menggunakan music marakas menjadi bisa bervariasi dalam proses bermain musiknya. Music marakas juga sangat harmoni Ketika diikuti dengan lagu-lagu atau nyanyian. Selain itu bermain alat music marakas juga mampu meningkatkan kemampuan gerak anak terutama motoric halus anak.

Author Biography

Sandy Ramdhani, Universitas Hamzanwadi

References

Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 2(2), 108–116.

Aqüicultura, P. D. E. P. E. M., Donalek, J. G., Soldwisch, S., Coesão, E. D. E., Moreira, M. A., Fernandes, R. F., Federal, U., Catarina, D. S. E. S., Gerais, D., Silva, S. da, Learning, B. T., Baxto, W., Carneiro, V. L. Q., Karakose, M., Lima, R. F. F., Morais, N. A. de, Bibliográfico, G., Vlachopoulos, P., Jan, S. K., … Jose Perona, J. (2018). No https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Barone, T., & Bresler, L. (2000). International Journal of Education and the Arts. Research Studies in Music Education, 15(1), 71. https://doi.org/10.1177/1321103X0001500110

Care, J., Alat, M., Pada, M., & Tk, A. (2019). Jurnal care. 7(1), 46–50.

Colliver, Y. (2016). Mothers’ Perspectives on learning through Play in the Home. Australasian Journal of Early Childhood, 41(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/183693911604100102

Dumont, E., Syurina, E. V., Feron, F. J. M., & van Hooren, S. (2017). Music interventions and child development: A critical review and further directions. Frontiers in Psychology, 8(SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01694

Habibi, A., Damasio, A., Ilari, B., Sachs, M. E., & Damasio, H. (2018). Music training and child development: A review of recent findings from a longitudinal study. Annals of the New York Academy of Sciences, 1423(1), 73–81. https://doi.org/10.1111/nyas.13606

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Khaironi, M. (2017). Penanaman sikap beragama dan moral anak usia dini di TKIT Salman Al Farisi 2. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 166–179. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.9787

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Kim, M. S. (2014). The multi-literacy development of a young trilingual child: Four leading literacy activities from birth to age six. European Early Childhood Education Research Journal, 22(2), 154–168. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.883718

Krogh, S., & Morehouse, P. (2014). The Early Childhood Curriculum : Inquiry Learning Through Integration.

Krupp-Schleußner, V., & Lehmann-Wermser, A. (2018). An instrument for every child: a study on long-term effects of extended music education in German primary schools. Music Education Research, 20(1), 44–58. https://doi.org/10.1080/14613808.2016.1249361

Maulyda, M. A., & Hidayati, V. R. (2019). Representasi Matematis Visual Anak Ditinjau dari Bakat Musik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 149–158. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.6855

Muzakki Syah Pura, R. (2017). Pendidikan Seni Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Galuh Handayani. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan UIN Sumatera Utara, IV, 11–21.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Saung Guru, VII(2), 109–115. http://ejournal.upi.edu/index.php/UPITasik/article/view/4379

Sartika, Erwin Diana & Rohmah, F. A. (2013). Pengaruh Terapi Musik Gamelan Terhadap Ekspresi Wajah Positif pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Integratif, 1, 31–43.

Sri Utomo, M. R. al-Q. (2015). Mempertimbangkan Euritmika Emile Jaques-Dalcroze pada Pengajaran Seni Musik Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.1-17

Sufyanti, A. ., Kristiawati, Sudiana, I. K., & Indah, P. . (2006). Efektivitas Penurunan Stres Hospitalisasi Anak Dengan Terapi Bermain dan Terapi Musik (The Effectiveness of Play Therapy and Musical Therapy in Reducing the Hospitalization Stress). E-Journal Unair, 1. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjh5ZHZ2JDkAhXVgeYKHdGMAvMQFjAJegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fe-journal.unair.ac.id%2FJNERS%2Farticle%2Fdownload%2F4961%2F3203&usg=AOvVaw0qh3ARl4kEqYFPsO5kPBh4

Wang, J.-C. (2015). Games Unplugged! Dolanan Anak , Traditional Javanese Children’s Singing Games in the 21st-Century General Music Classroom . General Music Today, 28(2), 5–12. https://doi.org/10.1177/1048371314551412

Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2), 91–93.

Williams, K. E., Barrett, M. S., Welch, G. F., Abad, V., & Broughton, M. (2015). Associations between early shared music activities in the home and later child outcomes: Findings from the Longitudinal Study of Australian Children. Early Childhood Research Quarterly, 31, 113–124. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.004

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Artikel