Maracas, Alat Musik Untuk Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.29408/tmmt.v2i2.2290Keywords:
marakas, anak usia dini, music, perkembangan seniAbstract
Musik merupakan salah satu kebutuhan dalam perkembangan anak salah satunya adalah seni music. Seni music menjadi sebuah kegiatan pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan seni anak. Salah satu alat music yang digunakan adalah maracas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan alat music marakas dalam mengembangkan kemampuan seni anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi dengan Teknik pengumpulan data adalah observasi. Sampel yang digunakan adaalah anak usia 4-6 tahun. Teknik analisis data menggunakan tringaluasi data. Hasil yang didapatkan adalah music marakas dapat meningkatkan kemampuan seni anak terutama seni musiknya. Anak dengan menggunakan music marakas menjadi bisa bervariasi dalam proses bermain musiknya. Music marakas juga sangat harmoni Ketika diikuti dengan lagu-lagu atau nyanyian. Selain itu bermain alat music marakas juga mampu meningkatkan kemampuan gerak anak terutama motoric halus anak.
References
Alimuddin, J. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 2(2), 108–116.
Aqüicultura, P. D. E. P. E. M., Donalek, J. G., Soldwisch, S., Coesão, E. D. E., Moreira, M. A., Fernandes, R. F., Federal, U., Catarina, D. S. E. S., Gerais, D., Silva, S. da, Learning, B. T., Baxto, W., Carneiro, V. L. Q., Karakose, M., Lima, R. F. F., Morais, N. A. de, Bibliográfico, G., Vlachopoulos, P., Jan, S. K., … Jose Perona, J. (2018). No https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Barone, T., & Bresler, L. (2000). International Journal of Education and the Arts. Research Studies in Music Education, 15(1), 71. https://doi.org/10.1177/1321103X0001500110
Care, J., Alat, M., Pada, M., & Tk, A. (2019). Jurnal care. 7(1), 46–50.
Colliver, Y. (2016). Mothers’ Perspectives on learning through Play in the Home. Australasian Journal of Early Childhood, 41(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/183693911604100102
Dumont, E., Syurina, E. V., Feron, F. J. M., & van Hooren, S. (2017). Music interventions and child development: A critical review and further directions. Frontiers in Psychology, 8(SEP). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01694
Habibi, A., Damasio, A., Ilari, B., Sachs, M. E., & Damasio, H. (2018). Music training and child development: A review of recent findings from a longitudinal study. Annals of the New York Academy of Sciences, 1423(1), 73–81. https://doi.org/10.1111/nyas.13606
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Khaironi, M. (2017). Penanaman sikap beragama dan moral anak usia dini di TKIT Salman Al Farisi 2. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 166–179. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.9787
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
Kim, M. S. (2014). The multi-literacy development of a young trilingual child: Four leading literacy activities from birth to age six. European Early Childhood Education Research Journal, 22(2), 154–168. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.883718
Krogh, S., & Morehouse, P. (2014). The Early Childhood Curriculum : Inquiry Learning Through Integration.
Krupp-Schleußner, V., & Lehmann-Wermser, A. (2018). An instrument for every child: a study on long-term effects of extended music education in German primary schools. Music Education Research, 20(1), 44–58. https://doi.org/10.1080/14613808.2016.1249361
Maulyda, M. A., & Hidayati, V. R. (2019). Representasi Matematis Visual Anak Ditinjau dari Bakat Musik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 149–158. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.6855
Muzakki Syah Pura, R. (2017). Pendidikan Seni Musik Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Galuh Handayani. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Inside-outside circle: An early childhood language and literacy development method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 325–335.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. 4(1), 434–441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan UIN Sumatera Utara, IV, 11–21.
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108
Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Saung Guru, VII(2), 109–115. http://ejournal.upi.edu/index.php/UPITasik/article/view/4379
Sartika, Erwin Diana & Rohmah, F. A. (2013). Pengaruh Terapi Musik Gamelan Terhadap Ekspresi Wajah Positif pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Integratif, 1, 31–43.
Sri Utomo, M. R. al-Q. (2015). Mempertimbangkan Euritmika Emile Jaques-Dalcroze pada Pengajaran Seni Musik Anak Usia Dini. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.1-17
Sufyanti, A. ., Kristiawati, Sudiana, I. K., & Indah, P. . (2006). Efektivitas Penurunan Stres Hospitalisasi Anak Dengan Terapi Bermain dan Terapi Musik (The Effectiveness of Play Therapy and Musical Therapy in Reducing the Hospitalization Stress). E-Journal Unair, 1. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjh5ZHZ2JDkAhXVgeYKHdGMAvMQFjAJegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fe-journal.unair.ac.id%2FJNERS%2Farticle%2Fdownload%2F4961%2F3203&usg=AOvVaw0qh3ARl4kEqYFPsO5kPBh4
Wang, J.-C. (2015). Games Unplugged! Dolanan Anak , Traditional Javanese Children’s Singing Games in the 21st-Century General Music Classroom . General Music Today, 28(2), 5–12. https://doi.org/10.1177/1048371314551412
Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2), 91–93.
Williams, K. E., Barrett, M. S., Welch, G. F., Abad, V., & Broughton, M. (2015). Associations between early shared music activities in the home and later child outcomes: Findings from the Longitudinal Study of Australian Children. Early Childhood Research Quarterly, 31, 113–124. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.004
Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789
Downloads
Published
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License