MENILIK MAKNA SEMIOTIKA GERAK TARI BAT KOKO DALAM MUSIK CIMOL

Authors

  • Zainul Muttaqin Universitas Hamzanwadi
  • Wiwin Hardianti Universitas Hamzanwadi
  • Riyana Rizki Yuliatin Universitas Hamzawadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v3i2.3381

Keywords:

Gerak Tari, Makna Semiotika, Tari Bat Koko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna semiotika gerak tari Bat Koko pada musik Cimol di Sanggar Cupu Mas, Dusun Ramban Biak, Desa Lenek, Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu simak catat dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi. Penggunakan teori gerak tari dan teori Semiotika Charles Shander Pierce untuk mengulas makna gerak pada Tari Bat Koko. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna yang ditimukan dalam gerak Tari  Bat Koko secara qualisign terdapat dalam gerak rembaq ures, teleq gendang, tarian gendang dan surut udang. Makna secara sinsign terdapat dalam gerak rembaq ures, teleq gendang, tarian gendang dan surut udang, sedangkan makna secara legisign terdapat dalam gerak tarian gendang dan surut udang.

Kata Kunci: Gerak Tari; Makna Semiotika; Tari Bat Koko

Author Biography

Zainul Muttaqin, Universitas Hamzanwadi

Fakultas Bahasa Seni dan Humaniora

References

Amsari, U. (2015). Makna Simbolik Tari Sigeh Penguten Lampung. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Hasnah, S. Y. (2013). Seni Tari dan Tradisi Yang Berubah Studi Terhadap Penciptaan Kolektif dan Perubahan Tari Tangan Oleh Masyarakat Padang Laweh. Yogyakarta: Media Kreativa.

Hidayat, R. (2009). Pengetahuan Seni Tari. Malang: Malang: Universiitas Negeri Malang.

I Wayan Dibia, D. (2006). Tari Komunal. Jakarta: LPSN: Jakarta: LPSN.

Mahendar, R. A. (2014). MAKNA SIMBOLIK GERAKAN TARIAN SUFI TURKI JALALUDIN RUMI (1203-1273M): ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PIERCE. Jurnal CMES, 7(1), 23–29.

Rahmah, U. S., Sujinah, S., & Affandy, A. N. (2020). Analisis Semiotika Pierce pada Pertunjukan Tari Dhânggâ Madura. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 13(2), 203–215.

Sedyawati, E. (1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. Bandung: Bandung:PT REMAJA ROSDAKARYA.

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Duta Wacana University Press.

Sugiyono. (2008). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung.

YARITHA, D. A. Y. U. (2016). Analisis Semiotika Dalam Ragam Gerak Tari Sigeh Penguten.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel