Penyelenggaraan Sala Hatedu 2021 Secara Virtual Wujud Mempertahankan Eksistensi Event Budaya Di Era Pandemi

Authors

  • Syifa Fiqri Azizah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v3i2.3666

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk 1. Mendiskripsikan dampak pandemi covid-19 pada event Sala Hatedu, 2. Mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh seluruh pihak yang berkaitan dengan event Sala Hatedu, 3. Mendiskripsikan eksistensi event Sala Hatedu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yang melibatkan transkrip wawancara secara langsung dengan penyelenggara event Sala Hatedu yaitu Turah Hartanto, serta hasil-hasil observasi yang telah dilakukan secara langsung dengan menyaksikan event Sala Hatedu di Taman Budaya Jawa Tengah saat event berlangsung, serta menyaksikan secara virtual melalui live streaming youtube event. Hasil dari wawancara yaitu, mengetahui bahwa event Sala Hatedu 2020 harus dibatalkan meskipun persiapan dari peserta dan penyelenggara sudah matang. Dampak yang dirasakan oleh kedua belah pihak yaitu pada segi tenaga, waktu, biaya, dan lain-lainnya. Selanjutnya, tantangan harus dihadapi oleh penyelenggara dan peserta event Sala Hatedu 2021 pada saat persiapan event, serta saat event sedang berlangsung. Semua tantangan berhasil dihadapi oleh penyelenggara dan peserta event Sala Hatedu dengan berbagai cara sehingga event dapat berjalan sesuai dengan rencana. Dengan dapat berlangsungnya event Sala Hatedu tahun 2021, hal ini dapat dikatakan bahwa penyelenggara berhasil mempertahankan eksistensi event Sala Hatedu yang sempat tidak terlaksana pada tahun 2020.

References

Alifyanto. (2020). “Anak dan Ibu Ciganitri†Sebuah Proses Kreatif Karya Tari Virtual Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Seni Makalangan. 7(1):1-13

Almuminin, Fitri; Mayong; Suarni Syam Sugini. (2021). Hipogram Dalam Puisi Sajak Liar Di Instagram : Tinjauan Semiotika Rifaterre. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(1): 1-14.

Bulele, Yohana Noni; Wibowo Tony. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media dan Kaum Milenial : Studi Kasus Tiktok. Journal UIB. 1(1): 565-572

Dewi, Saraswati. (2020). Seni Dalam Lipatan Pandemi. Jurnal Seni Nasional CIKINI. 6: 51-58.

Djatmika, Agus. (2011). Dari Ritual ke Realitas Virtual (Tinjauan Video Komersial Seni Pertunjukan Tradisi Yang Beredar di Bandung). Jurnal Itenas Rekarupa : Jurnal Desain dan Seni Rupa. 1(1): 70-84

Elfafriani, Intan Fakhriah. (2016). Konstruksi Makna Seni Teater Di Kalangan Anggota Sanggar Teater Di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fisip. 3(2); 1-15.

Funay, Yaspis Edgar N. (2020). Indonesia dalam Pusaran Masa Pandemi : Strategi Solidaritas Sosial Berbasis Nilai Tradisi Lokal. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia. 1(2): 203-216.

Gunawan, Indra; Wahyudi, Ayu Vinlandari. (2020). Olah Tubuh dan Olah Rasa Dalam Pembelajaran Seni Tari Terhadap Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. 5(2): 96-110.

Gunawan, Tomi; Tahalea, Silvia Amanda A. (2021). Kehidupan Masyarakat Pada Masa Pandemi Di Kota Jambi Dalam Fotografi Dokumenter. Jurnal Dimensi. 17(2): 203-216.

Jaeni. (2019). Teater Sebagai Media Komunikasi Pendidikan. Jurnal ASPIKOM. 3(6): 1124-1139.

Kristanto, Alfa. (2020). Bentuk Pembelajaran Vokal Secara Daring. Tonika:Jurnal Pendidikan dan Pengkajian Seni. 3(2): 128-137.

Kusumawati, Aning Ayu. (2009). Menengok Seni Teater/Drama Umat Islam di Indonesia. Jurnal Adabiyyat. 8(2): 12-20.

Luthfiah, Fifi; Yuwono, Susatyo; Niken, Iriani LNH. (2006). Kematangan Diri Pada Pelaku Seni Teater. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. 8(2): 12-20.

Niswan, M; Bilada, H; Sukarelawati. (2018). Hubungan Pertunjukan Teater Dengan Perilaku Penonton. Jurnal Sosial Humaniora. 9(2): 138-184.

Nurachman, Roosiati; Sri Ati. (2015). Kebutuhan Dan Perilaku Pencarian Informasi Aktor Teater Emka (Emper Kampus) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 4(2): 1-10.

Pramayoza, Dede. (2013). Pementasan Teater Sebagai Suatu Sistem Penandaan. Jurnal Isi Surakarta. 8(2): 230-247.

Purnama, Arif Sadikin; Ma’arifarsyah, Mafta Kresna; Nengsih, Putri Rahayu; Desiana, Dewi; Yusuf, Guntur Hari Putra; Gita Anggraini. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Seni Teater Berbasis Kearifan Lokal Secara Daring Untuk Anak-Anak Kampung Kumuh Pasar Keramat. Jurnal ABDIMAS UMTAS. 3(2): 351-359.

Renda, Rapi. (2020). Penciptaan Karya Seni Drama Belas Me Maling Menyoal Pernikahan Dini. Jurnal Seni Pertunjukan. 3(1): 1-10.

Saaduddin; Novalinda, Sherli. (2017). Pertunjukkan Teater Eksperimental Huhh Hahh Hihh : Sebuah Kolaborasi Teater Tari. Jurnal Ekspresi Seni. 19(1): 1-111.

Santosa, Eka. (2017). Improvisasi Dalam Teater : Antara Teknik Pemeranan Dan Pertunjukan. Tonil : Jurnal Kajian Sastra, Teater, dan Sinema. 14(1): 95-105.

Sasongko, Michael Hari; Supriyadi. (2020). Kreativitas Dalam Metode Eksplorasi Nilai Estetis Penciptaan Musik Etnis Di Masa Pandemi Covid-19. Tonika : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Seni. 3(2): 103-115.

Setiawan, Fredy Nugroho; Fajar Yusri. (2015). Konstribusi Teater Kampus dalam Pendidikan Karakter Mahasiswa : Studi Kasus Teater Lingkar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya. Lensa : Kajian Kebahasaan, Kesustraan dan Budaya. 7(1): 81-92.

Sumantri. (2019). Peranan Manajemen Seni Teater dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Mulia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1): 1-20.

Suprajitno, Stefanus. (2017). Teater Sebagai Media Untuk Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1): 96-107.

Wahyudi; Rukmanawati,Titis Ayu; Aka, Andri Kukuh. (2021). Cipta Karya Seni Pertunjukan Teater Anak Berbasi Kebudayaan Panji. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 6(2): 180-196.

Yusril. (2018). Konsep Garapan Dan Kreativitas Seni Teater “Rumah Dalam Diriâ€. MUDRA Jurnal Seni Budaya. 33(1): 104-113.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Artikel