REPRESENTASI PESAN MORAL PEMENTASAN TEATER BERJUDUL TUA KARYA PUTU WIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.29408/tmmt.v3i2.3694Keywords:
Teater, Semiotika, Pesan MoralAbstract
Teater merupakan salah satu seni pertunjukan kebudayaan yang memiliki konteks komunikasi stuktur dan realitas sosial dari satu orang ke orang lainnya. Dalam teater, kita bisa mengungkapkan segala hal pesan yang sangat bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung dalam pementasan tua karya Putu Wijaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan cara mengumpulkan dokumen dalam bentuk audio, video, kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan tatanan signifikansi yang terdiri dari konotasi, denotasi, dan mitos. Dalam Penelitian ini, nanti kita bisa menyimpulan 1) Bagaimana kita mengetahui analisis makna denotasi pada pementasan tua karya Putu Wijaya yang dipentaskan oleh Teater Lima Wajah Bandung, 2) Untuk mengetahui analisis makna konotasi pada pementasan Tua Karya Putu Wijaya, dan 3) Untuk mengetahui makna mitos yang terdapat dalam pementasan Tua karya Putu Wijaya.
References
Ambar (2017). Teori Semiotika Roland Barthes. https://pakarkomunikasi.com/teori-
semiotika-roland-barthes
Andriani, F. (2018). Fenomena Social Climber Melalui Twitwar. Jurnal Pustaka Komunikasi,
(2), 349-360.
Barthes, Roland. (2006). Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi
Tanda, Simbol,
Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Hasanah, Hasyim. 2016. TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI Sebuah Alternatif Metode
Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial. Jurnal at-Taqaddum, volume 8 nomor 1, Juli 2016. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Semarang
Karmakar, Dani. 2013. "THEATRE AND COMMUNICATION : RELATION BETWEEN
ACTOR AND AUDIENCE" dalam Global Media Journal-Indian Edition: Winter Issue / December 2013 / vol.4 /No.2 www.caluniv.ac.id Uneversity of Calcutta
Kaplan HI, Sadock BJ, Grebb JA. Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku
Psikiatri Klinis. Tangerang (Indonesia) : BINARUPA AKSARA; 2010
Maulana, Herdiyan. Gumelar, Gumgum. 2013. Psikologi Komunikasi Dan
Persuasi. Jakarta: Kademia
Pradoko, S. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif Keilmuan Seni, Humaniora,
Raco, J.R. 2010. METODE PENELITIAN KUALITATIF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN
KEUNGGULANNYA. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Riantiarno, N. 2011. KITAB TEATER Tanya Jawab Seputar Seni Pertunjukan. Jakarta: PT
Gramedia Widiasarana Indonesia
Sahid, Nur. (2016). SEMIOTIKA untuk Teater, Tari, Wayang, Purwa, dan Film.
Semarang:Gigih Pustaka Mandiri
Sarwono, Sarlito W., Meinarno, Eko A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba
Humanika.
Sobur, Alex. 2017. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Tubbs, Stewart L & Sylvia Moss, Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi,
Editor Deddy Mulyana, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.
dan Budaya (2nd ed.). UNY Press.
Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor : Penerbit Ghalia
Indonesia.dan Representasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Wibowo, Indiwan SW. 2013. SEMIOTIKA KOMUNIKASI Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan
Skripsi Komunikasi Edisi 2. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License