Komposisi Gerak Tari Mendaiq Sanggar Gedeng Kedaton Desa Lendang Nangka

Authors

  • Baiq Ema Yuliana Maulidini Universitas Hamzanwadi
  • Muh Ridwan Markarma Universitas Hamzanwadi
  • Alwan Hafiz Universitas Hamzanwadi
  • Zaiful Zaiful Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v4i2.5886

Keywords:

komposisi gerak pada tari Mendaiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gerak dan komposisi gerak pada tari Mendaiq Sanggar Gedeng Kedaton DesaLendang NangkaKecamatan Masbagik.Gerak tari adalah gerak yang disterilkan sehingga menimbulkan bentuk yang diutamakan dalam bentuk yang ekspresif, apabila dirasakan. Menurut (Supriyanto, 2012:4). (Rahmida Setiawati, 2008) Unsur-unsur gerak yaitu wiraga, wirama, dan wirasa  Elemen-elemen komposisi tari yaitu tema, desain gerak, desain musik, desain lantai, desain atas, dramatik, dinamika, rias dan busana, properti, tata pentas, penyusunan acara.Penelitian ini menggunakan deskriptif  kualitatif dengan pendekatan Grounded theory karena mengkaji bentuk gerak dan komposisi gerak yang belum pernah diulas secara detail. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dapat dilakukan  dengan 3 cara yaitu  reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.Hasil penelitian ini tentang 1) bentuk gerak tari Mendaiq meliputi 3 gerakan yaitu gerakan awal, gerakan inti, dan gerakan penutup.2) Jenis gerak tari  Mendaiq memiliki 15 ragam gerakyaitu gerak murni sedangkan gerak maknawi yaitu Mendaiq yang dimana gerak tersebut memiliki makna. Empat belas gerakan disebut sebagai gerakan  murni, dan satu gerakan disebut sebagai gerakan maknawi yaitu Mendaiq. Gerakan Mendaiq maknanya yaitu mengambil air. 3) komposisi gerak pada tari Mendaiq, yang meliputi W4 yaitu wiraga, wirama, wirupa, wirasa.Simpulan pada penelitian ini membahas tentangbentuk gerak dan komposisi gerak, dimana bentuk gerak dan komposisi gerak saling berkaitan satu sama lainnya dalam pembuatan karya tari yaitu tari Mendaiq

References

Rahmida Setiawati. (2008). Seni Tari. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008., 257.

Salu, V. R. (2017). NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME PADA MUSIK TRADISIONAL TALI DUA DI PULAU BATANG DUA KOTA TERNATE MALUKU UTARA. Imaji, 15(April), 68–79.

Sugiyono. (2017). metode penelitian kualitatif. Alfabeta Bandung.

Supriyanto, M. (2012). Tari Klana Alus Sri Suwela Gaya YOGYAKARTA Perspektif Joged Mataram. JOGED: Jurnal Seni Tari, 3(1), 4–7.

Wulandari. (2015). pengetahuan koreografi untuk anak usia dini. universitas negeri malang.

Downloads

Published

2022-07-01

Issue

Section

Artikel