Kreativitas Guru SD di Pontianak dalam Mengubah dan Menulis Syair Lagu Sesuai Ritme Lagu

Authors

  • Nurmila Sari Djau Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan, FKIP Untan

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v5i1.7201

Keywords:

Kreativitas guru SD, kesesuaian lirik dan pola ritme

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kreativitas guru SD dalam mengubah syair lagu anak sesuai dengan pola ritme lagu. Ketertarikan ini didasari oleh rasa penasaran peneliti terkait kemampuan menulis lirik lagu yang diubah sesuai dengan pola ritme lagu, karena beberapa penelitian menuliskan bahwa Guru TK dan SD memanfaatkan lagu sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran, bahkan terkadang guru mengubah syair lagu sesuai dengan materi pembelajaran. Penelitian ini, penelitian deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Sumber utama penelitian adalah Guru SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu Reduksi data,Verifikasi data, penyajian data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Kreativitas guru SD dalam mengubah syair lagu sudah baik dan pada umumnya sesuai dengan karakter musik anak. Namun kreativitas ini belum sepadan dengan kemampuan menuliskan syair lagu yang diubah sesuai dengan ritme lagunya. Sehingga terkadang syair yang dibuat tidak sesuai dengan ritme lagu, yang menyebabkan kesulitan melafalkan kata yang tepat saat bernyanyi.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Artikel