PEMILIHAN LAGU ANAK DAN PENERAPANNYA SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN FASE PERKEMBANGAN ANAK DI USIA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29408/tmmt.v5i1.7720Keywords:
Pendidikan karakter, Pemilihan Lagu Anak dan Penerapannya, Fase Perkembangan Anak di Usia Sekolah DasarAbstract
Pendidikan karakter merupakan sebuah hal yang harus diperkenalkan sejak dini. Hal ini karena terbentuknya kepribadian seseorang dimulai pada usia kanak-kanak. Pendidikan yang didapatkan anak sejak Sekolah Dasar dapat menjadi pondasi awal yang akan membekali moral mereka hingga beranjak ke usia dewasa. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan karakter pada anak usia Sekolah Dasar dengan menggunakan lagu anak. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengandung nilai-nilai penting untuk diterapkan agar dapat membentuk watak, kepribadian, sikap, dan membimbing seseorang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan agar memiliki moral yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode literatur review. Pada tulisan ini, penulis membahas tentang pemilihan lagu anak dan penerapannya sebagai pendidikan karakter berlandaskan fase perkembangan anak di usia Sekolah Dasar. Pemilihan lagu anak dan penerapannya sebagai pendidikan karakter disesuaikan dengan fase perkembangan anak di usia sekolah dasar yang terdiri dari 5 aspek, yaitu 1) aspek fisik-motorik, 2) aspek kognisi, 3) aspek sosio-emosional, 4) aspek bahasa, dan 5) aspek moral keagamaan.
References
Abrams, M. H. (1999). A Glossary of Literary Terms: Seventh Edition. Massachusetts: Earl McPeek.
Alimuddin, Johar. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 108-116.
Bella, Ayu Shinta, Resa Respati, and Karlimah Karlimah.Bella, A. S., Respati, R., & Karlimah, K. (2021).Pengaruh Penggunaan Media Lagu Anak terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 632-641.
Febriani, Nita Rohmah., Laila, Alfi., & Damariswara, Rian. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Lirik Lagu Karya AT Mahmud Pada Buku Siswa Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 901-908.
Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).
Ifadah, Muhimatul & Siti, Aimah. (2012)“Keefektifan Lagu Sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan.” Seminar Hasil-Hasil Penelitian – LPPM UNIMUS 2012.
Ilmi, Fahmiatul,. Respati, Resa., Nugraha, Akhmad. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 675-683.
Khaulani, Fatma., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.
Mu'min, Sitti Aisyah. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.
Samani, Muchlas & Hariyanto M. Samani. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Solihati, Nani & Hikmat, Ade. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-anak Tempo Dulu (Tinjauan Budaya). In: Revitalisasi Nilai-Nilai Arkeologi, Sejarah, Bahasa, Budaya, dan Alam Melayu Melalui Riset Multidisipliner. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makasar, pp. 240-246.
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. (2015.) Jakarta: Permendikbud.
Putri, Dini Palupi. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Rahayu, Titik., Syafril, Syafrimen., Wekke, Ismail Suardi., & Erlinda, Rita. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah.
Sumantri, Mulyani. (2014). Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Sahronih, Siti. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Tabrani, Primadi. (2015). Pendidikan Seni, Hubungannya dengan Ambang Sadar, Imajinasi dan Kreativitas serta Manfaatnya untuk Proses Belajar yang Bermutu. Jurnal Komunikasi &Multimedia, 7(1): 1-18.
Triyanto. (1994). Pendidikan Seni Sebagai Proses Enkulturasi Nilai-nilai Budaya. Jurnal ‘Media’ No. 4 Th. XIV Desember. Semarang: FPBS – IKIP.
Wulan Suci, Dwi. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177-184.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
Tamumatra : Jurnal Seni Pertunjukan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License