PEMILIHAN LAGU ANAK DAN PENERAPANNYA SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN FASE PERKEMBANGAN ANAK DI USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Egi Putri Grandena Tanjungpura University

DOI:

https://doi.org/10.29408/tmmt.v5i1.7720

Keywords:

Pendidikan karakter, Pemilihan Lagu Anak dan Penerapannya, Fase Perkembangan Anak di Usia Sekolah Dasar

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah hal yang harus diperkenalkan sejak dini. Hal ini karena terbentuknya kepribadian seseorang dimulai pada usia kanak-kanak. Pendidikan yang didapatkan anak sejak Sekolah Dasar dapat menjadi pondasi awal yang akan membekali moral mereka hingga beranjak ke usia dewasa. Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan karakter  pada anak usia Sekolah Dasar dengan menggunakan lagu anak. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengandung nilai-nilai penting untuk diterapkan agar dapat membentuk watak, kepribadian, sikap, dan membimbing seseorang untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan agar memiliki moral yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode literatur review. Pada tulisan ini, penulis membahas tentang pemilihan lagu anak dan penerapannya sebagai pendidikan karakter berlandaskan fase perkembangan anak di usia Sekolah Dasar. Pemilihan lagu anak dan penerapannya sebagai pendidikan karakter disesuaikan dengan fase perkembangan anak di usia sekolah dasar yang terdiri dari 5 aspek, yaitu 1) aspek fisik-motorik, 2) aspek kognisi, 3) aspek sosio-emosional, 4) aspek bahasa, dan 5) aspek moral keagamaan.

References

Abrams, M. H. (1999). A Glossary of Literary Terms: Seventh Edition. Massachusetts: Earl McPeek.

Alimuddin, Johar. (2015). Lagu Anak Sebagai Salah Satu Sarana Mendidik Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 108-116.

Bella, Ayu Shinta, Resa Respati, and Karlimah Karlimah.Bella, A. S., Respati, R., & Karlimah, K. (2021).Pengaruh Penggunaan Media Lagu Anak terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 632-641.

Febriani, Nita Rohmah., Laila, Alfi., & Damariswara, Rian. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Lirik Lagu Karya AT Mahmud Pada Buku Siswa Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 901-908.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: alfabeta, 2(1).

Ifadah, Muhimatul & Siti, Aimah. (2012)“Keefektifan Lagu Sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronounciation/Pengucapan.” Seminar Hasil-Hasil Penelitian – LPPM UNIMUS 2012.

Ilmi, Fahmiatul,. Respati, Resa., Nugraha, Akhmad. (2021). Manfaat Lagu Anak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 675-683.

Khaulani, Fatma., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Mu'min, Sitti Aisyah. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89-99.

Samani, Muchlas & Hariyanto M. Samani. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Solihati, Nani & Hikmat, Ade. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-anak Tempo Dulu (Tinjauan Budaya). In: Revitalisasi Nilai-Nilai Arkeologi, Sejarah, Bahasa, Budaya, dan Alam Melayu Melalui Riset Multidisipliner. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin, Makasar, pp. 240-246.

Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015. (2015.) Jakarta: Permendikbud.

Putri, Dini Palupi. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Rahayu, Titik., Syafril, Syafrimen., Wekke, Ismail Suardi., & Erlinda, Rita. (2019). Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah.

Sumantri, Mulyani. (2014). Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Sahronih, Siti. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Tabrani, Primadi. (2015). Pendidikan Seni, Hubungannya dengan Ambang Sadar, Imajinasi dan Kreativitas serta Manfaatnya untuk Proses Belajar yang Bermutu. Jurnal Komunikasi &Multimedia, 7(1): 1-18.

Triyanto. (1994). Pendidikan Seni Sebagai Proses Enkulturasi Nilai-nilai Budaya. Jurnal ‘Media’ No. 4 Th. XIV Desember. Semarang: FPBS – IKIP.

Wulan Suci, Dwi. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 177-184.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Artikel