PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MA NW KOTARAJA
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan kemampuan berfikir kritis.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MA NW Kotaraja Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu dua kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik claster random sampling mana sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Kelas X 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)dan kelas X 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dengan metode tes essay. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu parametris dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2 hitung ≤ χ 2 tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 6,563 ≤ 11.07 dan untuk kelas kontrol 7.271 ≤ 11.07. Adapun untuk uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen karena Fhitung< Ftabel yaitu 1.04 < 1.86. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena harga -thitung ≤ -t1/2α atau thitung ≥ t1/2α, yaitu 4,365 ≥ 2,002. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di MA NW Kotaraja Kelas X
References
Abdullah, sani, ridwan. (2014). pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum
Jakarta : bumi aksara.
Aisyah, santi. (2014). Peranan PhET ABS Dalam Pembelajaran Remedial Terhadap
Penguasaan Konsep Larutan Asam Basa Dan Membangun Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa SMA Universitas Pendidikan Indonesia. diunduh di
(http://repository.upi.edu/6753/6/S_KIM_0905847_Chapter%203.pdf
tanggal 31 agustus 2015.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi
Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnyana, Putu . (2008). Penerapan Model PBL Pada Pelajaran Biologi Untuk
Meningkatkan Kompetensi Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X
SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007.
Candiasa. (2010). Pengujian Instrumen Penilaian Disertai Aplikasi 1 TEMAN dan
BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbit UNDHIKSA
Sarmini, Sri. (2012). Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Bagi Siswa Kelas IX F di SMP Negeri 37
Semarang, Diunduh di http://lib.unnes.ac.id/19004/1/4401409022.pdf tanggal
july 2015.
Slameto , (2011). Belajar dan paktor-paktor yang mempengaruhi . Jakarta : rineka
cipta.
Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi(mixed
methods, Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung :
Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Sukardi. (2011). Modologi Penelitian Pendidikan Komptensi Dan Praktiknya,
Jakarta : Bumi Aksara.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktif.