PENGARUH PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X IPA MA NW SURALAGA

Penulis

  • Himayatul Himayatul STKIP Hamzanwadi Selong
  • M Marzuki Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Jigsaw, Keterampilan Memecahkan Masalah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X IPA di MA NW Suralaga tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true experimental design dalam bentuk desain Post-Test only Control. Populasi penelitian ini adalah kelas X MA NW Suralaga yang berjumlah 41 siswa Penentuan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan claser random sampling yaitu teknik pengambilan secara acak. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, dimana tes disini berupa soal berbentuk uraian berjumlah 5 soal. Tehnik analisis data untuk melihat kemampuan memecahkan masalah menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-tets (uji t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 66,09 dan pada kelas kontrol 62,36 dan hasil uji normalitasnya adalah berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen nilai χ2 hitung (8,595) < χ2 tabel (9,488) dan kelas kontrol nilai χ2 hitung (0,734) < χ2 tabel (9,488). Sedangkan homogenitasnya menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,15) < Ftabel (2,07). Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. Dari data uji-t diperoleh thitung>ttabel (3,800>1,708). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas X MA NW Suralaga

Referensi

Arikunto, 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Hasil Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ajjiji, Ahmad. (2012), http://task-lecture.blogspot.com/2012/09/kelebihan-dan-kekurangan-metode-jigsaw.html, Di akses 05-05-2015.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pontianak: Alfabeta

Faulina, Herlin. 2008. Meningkatkan Aktivitas belajar Matematika Siswa kelas VIII-C Melalui Metode Pemecahan Masalah. Bandar Lampung: Universitas lampung.

Http://Rezaramadhana.blogspot.com/2011/07/macam-macam pencemaran.html diakses 15 januari 2015.

Hamdani, (2011), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia

Hamalik. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Aksara Bina

Ibrahim dan Syaodiah. 2003. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Remaja Karya

Khairunnisak, 2010.Pengaruh Penggunaan Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada pokok bahasan Statistik di Kelas XI IPS SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2010/2011.STKIP Selong: Skripsi(Unpublic)

Nurhadi, Burhan,& Agus, G.S. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press

Nurul, 2006, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan,Teori-Aplikasi.Malang: PT Bumi Aksara

Rusfidra. 2006. Penilaian Proses Belajar Mengajar Ipa Di Kelas Melalui Pedagogi artikel (online). Tersedia: Sumber:http://rayapkabel.wordpress.com/ [8 maret 2015]

Sisdiknas, 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang system Pendidikan Nasional. Jakarta : Sisdiknas.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung

Sumarno, Alim. 2011. Proses Belajar Mengajar dan Strategi Pembelajaran. (Online).Tersedia:http://id.shvoong.com/socialsciences/education/2103971-proses-belajar-mengajar-pbm/#ixzz1ti99xgcn

Sugiyono, (2010), Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Bandung: Alfabeta Bandung

Suprijono Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono, 2008. Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. Bandung: Alpabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka cipta

Slavin. 2008. Cooperative Learning. Nusa media: Bandung.

Diterbitkan

2022-01-02

Terbitan

Bagian

Articles