Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516Abstract
Guru dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting. Keterampilan mengadakan variasi pembelajaran Tematik merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Pada kondisi di lapangan masih ada beberapa keterampilan yang belum muncul atau terpenuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik di kelas 1 dan untuk mengetahui respon siswa terhadap variasi pembelajaran guru kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa pedoman observasi keterampilan guru, pedoman observasi aktivitas siswa dan pedoman wawancara dengan guru. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan dari kedua kelas dalam menguasai keterampilan mengadakan variasi pembelajaran tematik mendapatkan kategori baik. Perolehan skor tertinggi dari kedua kelas yaitu kelas IA sebesar 85% dengan kriteria baik, sedangkan untuk kelas IB sebesar 81.25% dengan kriteria baik. Selain itu keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran berpengaruh pada respon siswa yang menunjukkan siswa aktif, antusias, konsentrasi, dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran tematik dikelas.
Kata Kunci: guru, keterampilan, variasi pembelajaran
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. (2010). Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fadlilah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong. (2012). MetodePenelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyasa E. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Menyenankan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadirman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Uzer. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.