Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro Di Kabupaten Ngada

Ermelida Yosefa Awe, Maria Imelda Ende

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan lembar kerja siswa elektronik bermuatan multimedia , (2) Mengetahui kualitas hasil uji produk pengembangan lembar kerja siswa elektronik bermuatan multimedia , 3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan LKS elektonik multimedia  yang dapat ditunjukan pagda peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas IV di Kabupaten Ngada, pada tema daerah Tempat tinggalku. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima langkah, yaitu: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen penelitian pengembangan lembar kerja siswa elektronik ini adalah berupa angket yang mengacu pada penilaian Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Sedangkan instrument kemampuan kognitif siswa dilakukan dengan Tes hasil belajar.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Menghasilkan lembar kerja siswa elektronik bermuatan multi media dengan hasil uji coba sebagai berikut: (1 )hasil Uji coba ahli bahasa  rata - rata skor 4,57 ada pada kategori sangat baik, (2) Uji coba ahli konten materi /isi  rata - rata skor 4,33 ada pada kategori sangat baik, (3) Uji coba ahli desain pembelajaran rata - rata skor, 4,63 ada pada kategori sangat baik,  (4) Uji coba ahli multimedia  skor rata - rata ; 4,86 ada pada kategori sangat baik, skor tertinggi ada pada aspek kemenarikan gambar/ilustrasi. 2) Hasil uji coba  Uji siswa sebagai pengguna produk skor rata - rata 4, 6  ada pada kategori sangat baik. 3) Efektivitas pengembangan LKS elektronik berbasis multimedia telah memenuhi criteria yang ditunjukan dari nilai tes pengetahuan rata - rata dari nilai tes pengetahuan rata-rata 82,15 dengan ketuntasan belajar 91,30.

Kata kunci:  Lembar kerja siswa elektronik,  multimedia, kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A.N. (2010). Konsep Bahan Ajar Elektronik dan Ciri/Karakteristik Bahan Ajar Elektronik. https://sites.google.com>elearningtp2010. Diakses 19 Maret 2019.

Awe, Ermelinda Yosefa. (2014). Hubungan Antara Kualifikasi Akademik, Kompetensi, Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. https:// ejournal. Undiksa. ac. id/index. http/JET/articel/view/12859/8127. Di akses tanggal 22 Juli 2019

Duncan, M. (2014). How the Cultural Contexts of Urban Teaching Affect Novice Science Educators: Implications for School Leaders. International Journal of Educational Leadership Preparation, 9 (1), 1-17

Effendi. (2009). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif. Jakatra: PT Rajagrafindo Persada

Haqsari, Rizqi. (2014). Pengembangan dan Analisis Lembar Kerja Siswa Elektronik Berbasis Muktimedia Pada Materi Mengoperasikan Software Spreadsheet. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri. http://www.infoskripsi/net/publication/10520244038.pdf. Diakses tanggal 1 Mei 2019

Mulyasa, H.E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Northcote, M., Kilgour, P., Reynaud, D., & Fitzsimmons, P. (2014). Engaging in Dee Cultural Learning through the Intersection of Multiple Contexts. Australian Journal of Teacher Education. 39 (10), 47-63

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

_____________ (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Prees

Riwu, Imelda Uma, Laksana DNL dan Dhiu, Konstantinus Dua. 2018.

Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema

Peduli Terhadap Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal Of Education 2(2), 56-64

Trianto. (2010). Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: CV Pustaka Cendekia Utama.




DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pengunjung DIDIKA