Learning From Presentation Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Agus Kichi Hermansyah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
  • Nurlayli Hasanah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus
  • Dewi Puji Rahayu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan learning from presentation dalam pembelajaran mahasiswa berkebutuhan khusus tuna grahita yang terdapat di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Musamus. Berdasarkan hasil asesmen, terdapat 1 mahasiswa berkebutuhan khusus yakni tuna grahita. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitataif. Penelitian ini disebut deskriptif karena menghasilkan data studi kasus berupa gambaran mengenai penerapan learning from presentation dalam pembelajaran mahasiswa tuna grahita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi tidak hanya dipakai oleh mahasiswa tuna grahita, tetapi juga dipakai oleh mahasiswa normal. Perbedaan penerapan presentasi untuk mahasiswa tuna grahita membutuhkan tambahan waktu. Kegiatan evaluasi menggunakan teknik lisan. Mahasiswa tuna grahita bisa menjelaskan materi presentasi di depan kelas walaupun dengan kata-kata yang terpenggal-penggal.

Kata kunci: learning from presentation; tuna grahita; PGSD

References

Afiffah, N., & Soendari, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Tuna Grahita Sedang Melalui Media Gambar di SLB B-C YPLAB Kota Bandung. JASSI_anakku, Volume 18 Nomor 1.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Fauzie, M. M. & Herawati, L. (2014). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningkatan Motivasi dan Tindakan dalam Mencuci Tangan dan Membuang Sampah Pada Anak Penyandang Tuna Grahita di Sleman. Jurnal Kesehatan Lingkungan, Volume 5 Nomor 4.

Hermansyah, A. K., Suyono, S., & Hasanah, M. (2017). Desain Pembelajaran Berbicara Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Moral Kemanusiaan Melalui Bermain Peran. Jurnal Edukasi, 4(1), 38-42.

Hidayah, Sujadi & Pangadi. (2014). Proses Berpikir Tuna Grahita Ringan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Certa Pasa Operasi Hitung Campuran. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education, Volume 4 Nomor 1.

Indrawati, T. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Tuna Grahita. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 14.

Pranayoga, B. N. (2013). Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mta Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi: UNY.

Puspita, Z. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLEKTUALI REFETITION TERHADAP BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER GANJIL PADA MATA KULIAH INOVASI PENDIDIKAN. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 47-55.

Saputri, S., Ningsih, E. F. & Widyawati, S. (2017). Analisis Kesulitan Anak Tuna Grahita Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Harapan Ibu Metro. Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Volume 5 Nomor 2.

Sari, S. M F., Binahayati & Muhammad, T. (2017). Pendidikan Bagi Anak Tuna Grahita. Jurnal Penelitian & PKM, Volume 4 Nomor 2.

Sunusi, H. C., Soetjiningsih, C. H. & Kristijanto, A. I. (2018). Picture Exchange Communication Systems (PECS) dan Communication Apprehension (CA) pada Remaja Tuna Grahita Jenjang SD di SLBN Salatiga. Jurnal Psikologi, Volume 45 Nomor 2.

Downloads

Published

2020-06-28

How to Cite

Hermansyah, A. K., Hasanah, N., & Rahayu, D. P. (2020). Learning From Presentation Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 40–50. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1875